Dinas Pendidikan Jatim Siapkan Piala Bergilir Skarigavaganza 2020 SMK PGRI | Malang POST

Selasa, 18 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Rabu, 22 Jan 2020,

MALANG - Kepala Bidang Pendidikan Menengah Kejuruan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Dr. Suhartono, M.Pd., memberikan apresiasi terhadap program Skarigavaganza yang digelar SMK PGRI 3 Malang.  Ajang kompetisi bagi siswa SMP/MTs tingkat Malang Raya itu digelar sejak 15 Januari lalu hingga 24 Januari besok.
Suhartono mengatakan, SMK PGRI 3 Malang telah memberikan wadah bagi siswa SMP untuk berekspresi. Jiwa kompetisi perlu dikuatkan dengan ajang lomba, salah satunya dengan kegiatan Skarigavaganza.
"Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. SMK PGRI 3 Malang ikut serta membangun kompetensi siswa SMP dengan memberikan panggung ekspresi pada mereka," ujar Suhartono yang hadir di SMK PGRI 3 Malang, kemain.
Menurut Suhartono, Skarigavaganza yang telah sukses  empat kali digelar merupakan gebrakan SMK PGRI 3 Malang untuk memperkuat eksistensinya. "Sehingga siswa-siswi SMP menjadi semakin mengetahui program-program unggulan sekolah ini," ungkapnya.
Selain itu, lanjut dia, Skragivaganza dapat menarik siswa untuk semakin termotivasi mengembangkan potensinya. Apalagi dengan adanya piala bergilir dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur untuk juara pertama. "Itu artinya kegiatan ini akan terus bergulir. Dan siswa SMP tentu akan mempersiapkan diri mereka dengan baik," katanya.
Skarigavaganza 2020 diawali dengan lomba voli putra dan putri. Masing-masing diikuti delapan tim. Di hari kedua ada lomba futsal yang diikuti sebanyak 24 tim.  Untuk dua lomba olahraga ini hadiahnya telah diberikan kepada para pemenang pada Jumat (17/1) lalu, berupa piala bergilir, sertifikat dan uang pembinaan. (Data, lihat grafis).
"Skariga selalu memberikan apresiasi kepada siswa siswi berprestasi, baik siswa internal sendiri lebih-lebih siswa SMP yang berprestasi di lomba yang kita gelar," ucap Kepala SMK PGRI 3 Malang, M. Lukman Hakim, ST., MM.
Ia menegaskan, penghargaan bagi siswa berprestasi merupakan komitmen yang dipegang teguh SMK PGRI 3, termasuk kepada para peserta Skarigavaganza tahun ini. "Penghargaan yang kami berikan, selain tropi dan uang pembinaan, juga beasiswa pribadi. Mereka yang mau bergabung dengan Skariga (SMK PGRI 3), selain masuk jalur prestasi akan kita berikan voucher khusus untuk biaya masuk sekolah ini," ungkapnya.
Pada tanggal 18 dan 19 Januari  lalu, juga telah dilaksanakan lomba Pramuka dengan dua bidang perlombaan, pionering dan baris berbaris.
Lukman menjelaskan, lomba Pramuka yang erat kaitannya dengan karakter sangat penting untuk dikembangkan. Terlebih saat ini memasuki era disrupsi. "Kami khawatir hal-hal yang berkaitan dengan kedisiplinan dan kreativitas semakin ditinggalkan anak-anak. Makanya kita kuatkan lagi dengan unjuk prestasi dan kreativitas," tuturnya.
Lukman menambahkan, poin terpenting dari pelaksanaan Pramuka yakni terintegrasinya semua muatan karakter dalam ke-Pramukaan. Seperti jiwa kepemimpinan, sikap mandiri, integritas dan membangun kolaborasi yang konstruktif. “Semoga muatan nilai tersebut bisa tercapai dengan lomba Pramuka yang kita gelar,” harapnya.  
Selain lomba-lomba tersebut, SMK PGRI 3 Malang juga menggelar lomba e-spots, sebagai bidang lomba   berhubungan dengan teknologi. Lomba ini pun mendapat respon yang cukup baik dari peserta, dengan kategori lomba pertama yang digelar dalam kegiatan skarigavaganza. (imm/adv/aim)


Lomba Futsal
Juara 1 SMPN 1 Kepanjen
Juara 2 SMPN 2 Malang
Juara 3 SMPN 1 Tumpang

Lomba Voli Putra
Juara 1 SMPN 2 Kandangan
Juara 2 SMPN 3 Singosari
Juara 3 SMPN 10 Malang

Lomba Voli Putri
Juara 1 SMPN 3 Singosari
Juara 2 SMPN 2 Malang
Juara 3 SMPN 3 Batu

Editor : Muhaimin
Penulis : Imam Wahyudi



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...