Dicari Pemimpin OPD yang Peka dan Berintegritas | Malang Post

Senin, 09 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Senin, 26 Agu 2019, dibaca : 373 , Muhaimin, Sisca

MALANG - 25 pejabat di lingkungan Pemkot Malang mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kota Malang. Mulai kemarin hingga Rabu (28/8) besok, mereka mengikuti tahapan seleksi kompetensi bidang di Hotel Gajahmada. Mereka memperebutkan empat jabatan kepala OPD yang kosong.
Empat jabatan itu antara lain, kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang), kepala pelaksana Badan Penanggulangan Kebencanaan Daerah (BPBD), kepala Perpustakaan dan Kearsipan, dan kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH).
Wali Kota Malang Sutiaji saat ditemui di sela kunjungannya mengecek aktivitas Pansel dalam seleksi kompetensi menyebutkan, menginginkan orang yang dapat mengemban tugas dengan ide kreatif juga berpegang teguh pada integritas moralnya.  Serta paham akan regulasi yang berlaku di tupoksi OPD nya masing-masing.
“Bagaimana dia peka dengan masalah yang ada di OPD yang ia masuki itu penting. Jangan sampai mendaftar tapi tidak tahu apa yang ditanganinya nanti,” terang Sutiaji kepada Malang Post.
Meski tidak terlibat dalam aktivitas seleksi ini, Sutiaji mempercayakan seleksi ini pada tim seleksi Pansel yang akan menyeleksi sesuai kriteria dan regulasi aturan yang ada. Di hari pertama uji kompetensi bidang, peserta seleksi diinstruksikan menbuat makalah secara dadakan. Hal ini disampaikan Ketua Pansel Seleksi Terbuka Drs Wasto.
“Awal tadi kami instruksikan membuat makalah secara singkat. Temanya baru kami kasih tahu saat tadi mau mulai tes,” tegas Wasto.
Menurutnya,  seleksi terbuka ini diadakan tiga hari dengan pembagian waktu yang berbeda-beda sesuai kompetensi bidang OPD yang dibuka lowongan posisi kepalanya. Karena ada juga satu orang yang mendaftar untuk dua jabatan. Dalam sesi awal ini tidak hanya makalah saja yang harus dibuat peserta, melainkan juga nantinya di sesi kedua mereka harus memaparkan apa yang ditulis dalam makalah tersebut.
“Temanya beradasarkan pilihan OPD yang mereka ambil. Misal kalau DLH (Dinas Lingkungan Hidup,red) maka yang ditanya nanti seputar kompetensi kelingkungan kota,” tegasnya. (ica/aim)



Loading...