Dibully, Greg Marah Besar | Malang Post

Kamis, 12 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Senin, 02 Sep 2019, dibaca : 543 , Parijon, net

PAMEKASAN - Pemain naturalisasi Greg Nwokolo marah besar setelah mendapatkan perlakukan rasial dari netizen di Instagram. Aksi rasial itu dilakukan warganet usai Greg diistirahatkan dari Timnas Indonesia dan membela Madura United melawan Kalteng Putra di Liga 1 2019, Minggu (1/9).
Greg dipulangkan ke Madura United karena dianggap belum bisa memberikan penampilan 100 persen akibat cedera di betis kanannya. Namun, netizen menganggap Greg tidak profesional karena lebih memilih tampil bersama klub ketimbang Timnas Indonesia.
"Di Indonesia netizen seperti itu sudah biasa, itu hak mereka. Tapi saya harap netizen juga bicara yang benar, jangan rasis yang akhirnya jadi viral. Mereka tidak membahas masalah yang ada. Mereka rasis dan bully saya. Mereka bilang saya hitam, mereka bilang 'pulang kamu ke negara kamu," ungkap Greg Selasa (2/9).
Menurut Greg, netizen yang berkomentar di Instagram tidak mengetahui secara persis kejadian yang terjadi sehingga hanya bisa merisak. Apa yang dilakukan netizen disebut Greg sudah keterlaluan.
Selama 15 tahun tinggal di Indonesia, Greg mengaku tidak pernah komplain terhadap apapun, termasuk setelah ia resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada 2011 lalu. Ia mengaku ikhlas atas apapun yang ia jalani di Indonesia bersama Timnas Indonesia.
"Mereka belum tahu kejadiannya seperti apa. Mereka datang ke media sosial bully-bully saya. Ini sudah bukan jaman rasis lagi. Suporter tugasnya kasih motivasi buat pemain, kasih kritik positif yang sehat, jangan bully. Ini sudah keterlaluan sekali. Kalau ada yang rasis di depan saya, pasti sudah saya hajar. Ini tidak boleh karena saya cinta Indonesia," ujar pemain kelahiran Nigeria itu.
Keputusan dipulangkannya Greg dari Timnas Indonesia sudah melalui diskusi bersama pelatih Timnas Simon McMenemy setelah melihat hasil dari Catapult Sport yang digunakan selama berlatih. Greg juga memberikan opsi untuk mengganti dirinya dengan pemain lain yang punya kebugaran 100 persen lantaran tak mau kehadirannya bakal merugikan tim ke depannya.
Greg mengaku sudah mengalami cedera kala membela Madura United menghadapi PSS Sleman pada 24 Agustus lalu. Berdasarkan hasil MRI, butuh sebulan untuk proses pemulihan cedera betis yang dialami Greg.
Namun, belum genap dua pekan ia sudah dipanggil untuk bergabung dengan Timnas Indonesia. Intensitas latihan yang tinggi dikhawatirkan dapat menghambat proses pemulihan cedera Greg.
“Kalau saya tidak tampil 100 persen bersama timnas, saya juga akan di-bully. Jadi serba salah. McMenemy tahu standar saya belum sesuai harapan. Saya bilang, coach kalau punya opsi lain untuk bantu tim saya tidak apa-apa. Saya tidak mau egois. Saya tidak mau merugikan tim. Sekali lagi saya tegaskan, Simon McMenemy tidak coret saya dari timnas. Saya hanya diistirahatkan supaya bisa tampil maksimal dan ada opsi saya bisa main saat lawan Thailand," ujar Greg. (ttf/jun/cnn/jon)



Loading...