Di Tengah Pemakzulan Trump, Penasihan Senior Menlu AS Mundur | Malang Post

Selasa, 12 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Sabtu, 12 Okt 2019, dibaca : 198 , udi, net

WASHINGTON DC - Mike Pompeo penasihat senior Menteri Luar Negeri Amerika Serikat mundur. Pengunduran dirinya tersebut disampaikan saat Departemen Luar Negeri terseret dalam transaksi kontroversial pemerintahan Trump dengan Ukraina, yang berujung pada penyelidikan pemakzulan terhadap Trump.
Michael McKinley merupakan diplomat yang menjabat sebagai penasihat kebijakan Pompeo sejak Mei 2018, sebelumnya merupakan duta besar untuk Brazil, Afghanistan, Kolombia serta Peru. McKinley mengatakan dalam sebuah memo kepada para staf pada Jumat bahwa alasan kepergiannya setelah 37 tahun bersama departemen tersebut "bersifat pribadi".
Dikutip dari Reuters, dirinya menuturkan ia "meninggalkan Departemen itu untuk mengejar peluang lain, di mana saya."
Pengunduran diri McKinley terjadi di tengah penyelidikan pemakzulan oleh DPR yang memanas. Meski McKinley tidak terlibat langsung dalam skandal Ukraina, ia terhubung dengan kantor Pompeo, menurut Washington Post, yang pertama kali melaporkan pengunduran dirinya pada Kamis malam.
Demokrat di DPR menerbitkan surat pemanggilan paksa terhadap Pompeo terkait sejumlah dokumen, yang menjadi bagian dari penyelidikan mereka, yang berawal dari percakapan telepon pada 25 Juli.
Dalam percakapan itu, Trump meminta Volodymyr Zelenskiy Presiden Ukraina menyelidiki Joe Biden mantan Wakil Presiden AS, Demokrat terkemuka yang masuk bursa pencalonan presiden 2020. Sejumlah anggota parlemen menyebutkan Pompoe tak kooperatif dengan pemanggilan tersebut. (ss/ra/udi)



Loading...