MalangPost | Dewan Ingin Satu Warga Tanam Satu Pohon

Minggu, 07 Juni 2020

  Mengikuti :


Dewan Ingin Satu Warga Tanam Satu Pohon

Selasa, 04 Feb 2020, Dibaca : 600 Kali

BATU - Regulasi yang mengharuskan tiap warga mengurus akte kelahiran hingga mencetak administrasi kependudukan untuk menanam satu bibit pohon bisa segera terwujud. Regulasi yang dilempar  Wali Kota Batu, Dra. Dewanti Rumpoko M.Si mendapat sinyal positif dan dukungan penuh dari Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi.
"Kami sangat mendukung dengan keinginan Wali Kota Batu agar masyarakat turut menjaga lingkungan. Yaitu dengan mengharuskan tiap warga  mengurus akte kelahiran dan surat lainnya harus melakukan tanam bibit pohon terlebih dahulu," ujar Asmadi kepada Malang Post, Senin (3/2) .
Ia menerangkankan wacana tersebut bisa didukung atau dimasukkan dalam draft Ranperda Konservasi Lingkungan yang nantinya akan dibahas pada masa persidangan kedua. Sehingga aturan yang berpihak pada kelestarian lingkungan di Kota Batu bisa disahkan.
"Setidaknya aturan tanam pohon bagi warga itu bisa masuk di Raperda Konservasi Lingkungan.
Apalagi pembangunan di Kota Batu tumbuh dengan pesat. Apalagi bertambahnya jumlah penduduk," beber politisi PDIP Kota Batu ini.
Menurutnya, pembangunan di Kota Batu yang pesat tersebut, partisipasi dari masyarakat melalui tanam pohon akan mewujudkan lingkungan lestari. Jadi tak hanya Pemerintah yang turun membuat kebijakan, tapi juga warga ikut peduli.
Kebijakan tersebut (tanam pohon), juga sebagai salah solusi untuk mencegah terjadinya bencana alam. Mengingat kondisi geografis Kota Batu berada di lereng pegunungan yang membuat rawan longsor dan banjir.
"Nantinya aturan untuk membuat sumur resapan atau biopori juga kami wajibkan bagi pengusaha di Kota Batu," bebernya.
Misalnya, lanjut dia, untuk pembuatan sumur biopori bisa dibuat di area parkir atau lahan terbuka tempat wisata. Sehingga kelestarian alam di Kota Batu dilakukan oleh semua elemen atau instansi (eri/feb)

Editor : Febri Setyawan
Penulis : Kerisdiyanto