Malang Post - Desa Tulungrejo Larang Toko Modern Berdiri

Senin, 06 April 2020

  Mengikuti :


Desa Tulungrejo Larang Toko Modern Berdiri

Jumat, 14 Feb 2020

BATU - Perlindungan pelaku usaha lokal menjadi prioritas utama Pemdes Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Pemdes membuat kebijakan melarang adanya toko modern berdiri di Desa Tulungrejo.
Kepala Desa Tulungrejo, Suliyono mengatakan, kebijakan yang dibuatnya bertujuan untuk meningkatkan perekonomian warganya. Mengingat Desa Tulungrejo memiliki banyak potensi wisata, pertanian dan produk olahan.
"Kebijakan melarang toko modern ini telah saya terapkan selama dua periode menjabat. Saya ingin mengangkat segala potensi," ujar Suliyono kepada Malang Post, Jumat (14/2) .
Ia menerangkan, banyak  pengajuan izin mendirikan toko modern. Namun pihak desa sudah komitmen dengan masyarakat tidak mengizinkan toko modern membuka usaha di desa itu.
"Jangan sampai masyarakat yang punya toko kelontong terdesak dengan adanya toko modern," bebernya.


Suliyono menambahkan komitmen itu bakal dituangkan dalam peraturan desa (Perdes). Harapannya Perdes bisa melindungi pelaku usaha kecil.
Salah satu pedagang di Desa Tulungrejo, Syamsudin mengaku sangat mendukung kebijakan tentang larangan berdirinya toko modern. Sebagai pemilik toko kelontong ia berharap aturan ini terus berlaku, kalau ada toko modern usaha kecil akan mati suri.
"Kebijakan itu sangat bagus. Saya sangat mendukung. Buktinya sampai hari ini tidak ada toko modern di Tulungrejo dan pelaku usaha kecil bisa mengembangkan usaha sampai sekarang," pungkas laki-laki yang akrab disapa Cak Din ini. (eri/feb)

Editor : Febri Setyawan
Penulis : Kerisdiyanto

  Berita Lainnya





Loading...