Daun Dolar Pemicu Leukemia - Malang Post

Kamis, 21 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Kamis, 29 Agu 2019, dibaca : 1178 , mp, imam

Beredar kabar soal sebuah tanaman atau tumbuhan yang bisa menyebabkan penyakit leukemia. Sebenarnya kabar tersebut telah diunggah oleh akun Facebook bernama Yamin Hasibuan pada 11 Januari 2018 lalu. Tetapi kembali berantai beberapa hari terakhir melalui media sosial.
Dalam unggahannya, ia menyertakan sebuah foto tanaman berwarna hijau yang ada di dalam pot. Isi komentarnya berikut ini : Copas dari sebelah.Bila ada yg tau nama tumbuhan dlm artikel di bawah ini tolong ditulis dlm kolom komen.

BAHAYA PENYAKIT LEUKIMIA !!!!
Adik ipar saya umur 31 thn baru meninggal semalam disebabkan oleh Leukimia. Almarhum semasa hidupnya meneliti utk gelar Master in Botanical di kampus USM mengkaji sejenis tumbuhan ini. Rekan satu tim research beliau sdh meninggal setahun yg lalu mengidap penyakit leukimia juga. Almarhum dpt bertahan hingga semalam. Memang hasil penelitiannya telah disahkan oleh pihak kampus USM dan pihak Kementerian Kesehatan bahwa Leukimia itu dapat ditimbulkan dari tumbuhan tsb. Jadi cerita D Hizzad Bole penyebab kanker darah (Leukimia) ternyata terbukti. Di China sdh cukup lama diketahui tentang bahaya tanaman ini, tapi hanya diberitakan surat kabar China saja. Sedangkan di tempat kita tanaman ini dirawat & dijadikan tanaman hias di rumah.
PERHATIAN DAN WASPADA !!!Jika ada tanaman ini di rumah,silahkan secepatnya musnah dengan membakarnya sebelum tanaman berbunga. Karena dari bunganya menyebabkan kanker darah (Leukimia)." tulis Yamin Hasibuan dalam unggahannya.
Sampai saat ini, unggahan tersebut sudah dibagikan hingga 39 ribu kali. Ada 40 komentar di dalam unggahan foto dan tulisan tersebut.
Unggahan itu juga disukai oleh 35 pengguna Facebook lainnya.
Setelah ditelusuri ternyata kabar soal sebuah tanaman yang bisa menyebabkan penyakit leukemia tidak benar. Dalam unggahannya, tidak disebutkan nama asli tanaman yang dimaksud.
USM yang disebutkan dalam pesan tersebut merujuk pada Universiti Sains Malaysia. Menurut si pembuat hoax, di Tiongkok sudah ada surat kabar yang memberitakan bahayanya tanaman daun dolar.
Informasi itu ternyata hoax 100 persen. Tidak pernah ada penjelasan mengenai daun dolar sebagai penyebab leukemia. Tidak ditemukan juga berita tentang hal tersebut di media Tiongkok. Yang ada justru media Malaysia New Straits Times (NST) yang mengangkat kabar hoax yang mencatut USM itu.
Menurut NST, melalui www.nst.com.my, Direktur Media dan Humas Mohamad Abdullah memastikan bahwa kabar tersebut hoax. ”USM memohon kepada semua orang untuk segera menghentikan berita palsu tentang masalah ini,” ujar Abdullah. (imm/mp)



Kamis, 21 Nov 2019

Monumen Ondel-Ondel

Selasa, 19 Nov 2019

Ahok di Tengah Dua Wanita

Loading...