Malang Post - Dari Hobi, Praka Muhammad Ali Syafaat Jadi Peternak Sukses Love Bird

Selasa, 31 Maret 2020

  Mengikuti :


Dari Hobi, Praka Muhammad Ali Syafaat Jadi Peternak Sukses Love Bird

Sabtu, 12 Okt 2019

Dalam masa damai, tugas seorang prajurit adalah berlatih, hingga memiliki kemampuan pengetahuan dan keterampilan pada tingkat menguasai dan mahir. Hal tersebut lumrah dilaksanakan oleh setiap prajurit TNI. Namun, bukan berarti seorang prajurit tidak bisa memiliki hobi yang menjadi hiburan dan refreshing.
Banyak cara bagi seorang prajurit untuk menjaga keseimbangan antara tugas negara dan hobi. Saat sedang tidak bertugas, Praka Muhammad Ali Syafa’at, anggota Yonarmed 1 Divif 2 Kostrad menjadi penghobi berternak burung eksotik lovebrid. Pria dengan sapaan Ali Mochin itu pandai berternak lovebird.
“Sejak tahun 2014, saya sudah bergelut dengan ternak love bird,” kata Ali Mochin.
Dia mengaku menyukai keunikan lovebird. Selain karena warna yang unik dan bervariasi, kicau seperti sedang tertawa atau ngakak, menjadi hiburan yang menyegarkan bagi Ali Mochin. Dengan keunikan lovebird, tak heran bila begitu banyak kicaumania yang fokus mengembangkan unggas ini.
Dari sini, Ali Mochin melihat peluang bisnis yang sekaligus bisa menyalurkan hobinya. Ali pun belajar berternak lovebird. Namun, sama seperti semua bisnis, Ali pun banyak mengalami jatuh bangun. Dia perna hampir putus asa, karena sesekali pernah mengalami penipuan dari pihak penjual love bird.
Namun jatuh bangun ini tak menggentarkan tekad Ali Mochin untuk terus menekuni hobinya sebagai peternak love bird. Setelah memahami asam garam dunia kicau dan liku-likunya, Ali Mochin semakin pandai dan cermat dalam memelihara dan berternak lovebird. Dari bisnis ternak lovebird ini, Ali Mochin mendapat manfaat.
Dia bisa menyekolahkan istrinya ketika masih masa pacaran dulu. Dia juga bisa menyekolahkan adik kandung, serta membiayai pengobatan ibu kandung yang terkena stroke. Sampai saat ini, ia bisa menabung dan membeli kendaraan mobil pribadi. Hasil ini tidak lain merupakan hasil ternak lovebirdnya selama ini.
Meski sukses menekuni bidangnya sebagai peternak lovebird, jiwa Ali Mochin tetap sebagai abdi negara. Dia sama seperti prajurit lainnya yang setiap harinya belajar dan berlatih.  Apalagi, saat ini jabatan yang dia emban adalah sebagai pelayan roket Astros, senjata strategis Divif 2 Kostrad.
Setiap harinya Ali Mochin terus menyeimbangkan antara menekuni hobi, serta menjalankan tugas negara dalam menjaga dan menguasai alutsista roket Astros kepunyaan Yonarmed 1 Divif 2 Kostrad ini. Letkol Arm Lukas Meinardo Sormin S.I.P.,M.I.Pol selaku Danyonarmed 1 Kostrad, saat mendampingi Komandan Resimen Armed 1 Kostrad, Kolonel Arm Didik Harmono S. E., menyampaikan bahwa prajurit tetap harus profesional.
“Sebagai prajurit harus profesional dan menjalankan setiap tugas yang diberikan pimpinan dengan baik dan tuntas. Namun di sisi lain sebagai seorang ayah pada umumnya, juga harus mensejahterakan keluarga, anak dan istri, tanpa mengganggu tugas pokok sebagai seorang prajurit,” tutupnya.(fin/aim)

Editor : aim
Penulis : fino

  Berita Lainnya





Loading...