Dapur dan Kandang Sapi di Dringu Ludes Terbakar

Jumat, 05 Juni 2020

  Mengikuti :


Dapur dan Kandang Sapi di Dringu Ludes Terbakar

Senin, 30 Mar 2020, Dibaca : 3672 Kali

PROBOLINGGO – Sebuah dapur dan kandang sapi milik Sumardi, warga Dusun Gandek’an, Desa/Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, ludes. Sabtu (28/3) siang, bangunan semipermanen itu rata dengan tanah setelah dilalap api. Syukur, tak sampai menimbulkan korban jiwa.
Camat Dringu Hari Kriswanto mengatakan, kebakaran itu terjadi sekitar pukul 11.30. Saat itu dapur dan kandang sapi itu sepi karena pemiliknya keluar rumah. Namun, mendadak muncul api dan membuat warga sekitar panik. “Api sudah ditemukan membesar dan membakar dapur serta kandang yang konstruksinya terbuat dari bambu,” ujarnya.
Sebelum kebakaran, Sumardi sempat memasak di dapurnya menggunakan tungku. Selesai memasak, tungku itu ditinggalkan begitu saja. Diduga, bara api terus menyala dan menyambar di sekitarnya. Dapur dan kandang yang terbuat dari bambu juga membuat api mudah menjalar.
“Sekitar pukul 08.00, pemiliknya masih memasak, namun selesai memasak tungku itu ditinggal. Kemungkinan bara api yang masih tersisa kemudian merambat, sehingga membakar bangunan. Kami langsung menghubungi pemadam kebakaran,” ujar Hari.
Sementara itu, Humas Damkar Kabupaten Probolinggo Sholehudin mengaku mendapatkan laporan sekitar pukul 11.30. Satu unit mobil pemadam kebakaran dengan tujuh personel pemadam kebakaran langsung dikerahkan.
Lokasi kejadian yang tidak terlalu jauh dengan pos pemadam kebakaran wilayah barat, membuat penanganan bisa dilakukan dengan cepat. “Kebetulan lokasi kejadian dekat dengan pos pemadam kebakaran di Mal Pelayanan Publik Dringu. Sekitar 10 menit sudah bisa sampai di lokasi,” ujarnya.
Sesampai di lokasi, proses pemadaman dilakukan dengan menyiramkan air ke kobaran api. Seluruh sudut yang terbakar disiram hingga api benar-benar dapat padam. “Pemadaman butuh waktu sekitar 30 menit hingga api benar-benar padam. Dalam peristiwa ini, pemilik ditaksir mengalami kerugian Rp 10 juta karena perabot dapur ludes terbakar,” ujarnya. (ar/rud/rb/jon)

Editor : Jon Soeparijono
Penulis : Radar