Daftar PDIP Tanpa Mahar | Malang Post

Sabtu, 14 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Kamis, 05 Sep 2019, dibaca : 817 , bagus, ira

KEPANJEN - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) membuka pendaftaran untuk calon kepala daerah (Cakada) dan calon wakil kepala daerah (Cawakada) mulai Kamis (5/9) hari ini. Pendaftaran itu dibuka di kantor DPC PDIP, DPD PDIP dan DPP PDIP mulai pukul 08.00 – 24.000. Pendaftaran ini tanpa mahar alias gratis hingga Minggu (14/9) mendatang.
"Kami melaksanakan agenda yang sudah dijadwalkan dari pusat. Yaitu membuka pendaftaran untuk calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah," kata Ketua DPC PDIP Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto.
Syarat pendaftaran dibahas melalui rapat koordinasi (Rakor). Termasuk teknis untuk rekruitmen  dan seleksi calon. Dia mengatakan Rakor ini penting dilakukan, selain menjadi instruksi partai sekaligus bentuk sosialisasi.
Di mana pada Rakor ini, pengurus PAC se Kabupaten Malang dapat mengetahui adanya agenda pendaftaran. Terlebih menurut dia, pendaftaran ini sendiri dapat dilakukan oleh siapa saja. Baik kader maupun non kader.
"Pendaftaran yang kami buka ini sesuai dengan instruksi partai no 356 tahun 2019, tentang pemetaan daerah dan penjaringan Pilkada. Instruksi ini mengacu pada Peraturan partai no 24 tahun 2017 tentang rekruitmen dan seleksi calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah," urai Didik.
Sementara itu Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Malang, Darmadi, mengatakan pendaftaran ini dibuka secara gratis. Dia mengatakan jika dalam pendaftaran pendaftar tidak dikenakan biaya apapun.
"Tanpa biaya pendaftaran," tegasnya.
Rapat koordinasi yang digelar DPC PDIP, dihadiri oleh seluruh pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) PDIP se Kabupaten Malang. Rapat koordinasi ini dibuka langsung oleh Sekretaris DPD PDIP Jatim, Dra. Sri Untari Bisowarno. Tidak hanya pengurus PAC, kegiatan ini juga dihadiri oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. Di mana Dewanti sendiri merupakan salah satu pengurus di DPD PDIP Jatim. Dia menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Ekonomi.
Dalam rakor tersebut, selain membahas tentang Pilkada, juga dimanfaatkan DPC PDIP untuk mengenalkan pengurus baru.
Sri Untari mengatakan jika Rakor yang digelar DPC PDIP bersama seluruh pengurus PAC untuk membahas tahapan persiapan Pilkada. Dia pun membenarkan bahwa akan ada pendaftaran.
Disinggung dengan kriteria serta syarat pendaftaran, Sri Untari mengatakan ada. Namun demikian, dia tak menjawab detail kriteria tersebut. Hanya saja kepada Malang Post, Sri Untari mengatakan, untuk kriteria calon yang diusung, adalah orang yang loyal.
"Calon yang kami usung nanti adalah calon yang loyal. Karena ini PDIP, maka calonnya harus loyal terhadap PDIP," tandasnya.

Terpisah, Humas DPC PDIP, Santoko mengatakan pendaftaran dibuka mulai tanggal 5-14 September 2019. Di mana tanggal 5-11 September adalah pengambilan berkas. Sedangkan tanggal 12-14 September adalah pengembalian berkas. Untuk pendaftaran, akan ditangani oleh tim pendaftaran.
”Tadi dalam Rakor juga dibentuk tim pendaftaran DPC PDIP Kabupaten Malang. Ketuanya adalah ibu Tutik Yunarni, dan wakilnya adalah bapak Andik Suciono,’’ kata Santoko.
Tim pendaftaran ini sendiri menangani proses pendaftaran. Mulai menerima berkas pendaftaran, melakukan verifikasi dan validasi berkas, kemudian menyerahkan ke DPD DPIP Jatim.
”Jadi setelah bakal calon ini mengambil berkas, kemudian mengembalikan, kami langsung melakukan verifikasi, dan validasi. Baru kemudian berkas yang sesuai diserahkan ke DPD DPIP Jatim,’’ urainya.
Santoko juga mengatakan dalam pendaftaran ini, calon tidak dipungut biaya alias gratis.  Pendaftaran ini dibuka untuk umum, baik kader maupun non kader.
”Kenapa PDIP membuka pendafataran, pertama alasannya untuk memberikan kesempatan kepada seluruh khalayak yang memiliki keinginan memimpin Kabupaten Malang. Kedua PDIP sangat terbuka, dan menerima siapapun yang ingin mendaftar. Dan ketiga, sebagai bentuk demokrasi,’’ urainya.
Disinggung dengan persyaratan, Santoko mengatakan normatif. Tapi demikian, dia menyebutkan ada perbedaan syarat antara pendaftar dari  kader PDIP dengan non kader. Dan syarat-syarat itu dapat dilihat di DPC PDIP.
”Tahapan pendaftaran ini sudah diumumkan kepada seluruh pengurus PAC se Kabupaten Malang. Di mana melalui mereka juga dapat disosialisasikan kepada masyarakat,’’ tandasnya.


DPC PKB Tunggu Instruksi DPP

Sementara itu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Malang masih anteng. Mereka memilih untuk melihat dulu proses pendaftaran yang digelar PDIP. "Ya melihat dulu bagaimana pendaftaran, dan siapa saja yang mendaftar. Kami tidak keburu, apalagi waktunya juga. Masih panjang," ungkap Ketua DPC PKB Kabupaten Malang, Ali Ahmad.
Ali sendiri mengaku untuk mengusung calon, PKB tidak lepas dari NU. Dan saat pertemuan dengan PWNU beberapa waktu lalu, sudah ditentukan kriteriannya. "Muara kami untuk calon itu ada di PWNU dan DPW PKB. Sementara kami hanya melaksanakan saja," ucapnya.
Termasuk apakah PKB Kabupaten Malang membuka pendaftaran atau tidak, juga menunggu intruksi dari PWNU dan DPW PKB.
"Intinya kami masih menunggu intruksi," tandas pria yang akrab dipanggil Gus Ali ini.(ira/ary)



Loading...