Malang Post - Cetak KTP Cukup di Kampung

Jumat, 03 April 2020

  Mengikuti :


Cetak KTP Cukup di Kampung

Rabu, 26 Feb 2020

BATU - Upaya jemput bola untuk memfasilitasi pelayanan administrasi kepada masyarakat terus dilakukan Dispendukcapil Kota Batu. Terbaru, Dispendukcapil meluncurkan pelayanan ke kampung (Pelampung) dengan menggunakan motor serba guna (Mosgun).


Fasilitas Pelampung Mosgun ini mampu menyasar tempat yang tak bisa dilalui mobil. Selain itu Mosgun juga dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai seperti pencetakan KTP dan KK hingga terdapat kamera, printer, serta tempat tanda tangan.
"Dengan adanya Mosgun yang dirancang khusus, kami ingin memaksimalkan pelayanan hingga ke kampung-kampung yang tidak bisa dijangkau mobil. Karena dengan Mosgun petugas bisa langsung jemput bola masuk ke gang-gang kecil untuk melayani pembuatan KTP, akte kelahiran maupun KK," ujar Sekretaris Dispendukcapil Kota Batu, Kamim Utomo kepada Malang Post, Selasa (25/2).


Ia menguraikan, Pelampung Mosgun ini sudah didesain khusus dengan dilengkapi fasilitas yang terhubung dengan internet dan bisa langsung terkoneksi ke kantor. Dengan begitu masyarakat bisa langsung cetak KTP, KK dan akte kelahiran.
Lebih khusus lagi, Mosgun ini akan melayani masyarakat penyandang disabilitas dan sakit. Sehingga warga tersebut tidak perlu ke kantor Dispendukcapil Kota Batu yang ada di Jalan Panglima Sudirman, Balai Kota Among Tani Batu.
"Jadi masyarakat yang sakit dan penyandang disabilitas tak perlu ke kantor Dispenduk untuk mengurus surat administrasi kependudukan. Mereka cukup menghubungi nomor kantor dan petugas akan langsung mendatangi lokasi warga," bebernya.


Ia memaparkan, anggaran pembelian satu Mosgun lengkap dengan perangkat adalah Rp 187 juta. Saat ini Dispendukcapil Kota Batu masih memiliki satu Mosgun.


Menurut Kamim jumlah tersebut masih kurang maksimal dalam pelayanan. Sehingga tahun ini akan menambah dua Mosgun lagi menyesuaikan jumlah kecamatan yang ada di Kota Batu.
"Untuk idealnya masing-masing kecamatan harus ada satu Mosgun.  Dengan satu kecamatan satu Mosgun diharapkan lebih cepat dalam melayani masyarakat," pungkasnya. (eri/feb)

Editor : Febri Setyawan
Penulis : Kerisdiyanto

  Berita Lainnya





Loading...