Malang Post - Cegah Longsor Gencar Tanam Rumput Veviter

Senin, 30 Maret 2020

  Mengikuti :


Cegah Longsor Gencar Tanam Rumput Veviter

Selasa, 25 Feb 2020

MALANG – Penanaman rumput vetiver atau lebih dikenal dengan nama akar wangi terus digalakkan di Kota Malang. Senin (24/2) , Forpimda Kota Malang menanam rumput vetiver di kawasan Jalan Gunung Agung RT 02 RW 07 Kelurahan Pisang Candi, Kecamatan Sukun untuk mencegah banjir dan tanah longsor.
 hulu sungai untuk mencegah. Kekuatan vetiver tersebut ada pada akarnya yang dapat Gerakan menanam rumput vetiver terus berlanjut hingga saat ini. Dandim 0833 Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson mengatakan, akar wangi sejenis rumput akar tebal dan sangat kokoh yang mampu melakukan penetrasi pada lapisan tanah sepanjang 5,5 meter. Jika ditanam pada satu deretan akan mampu membentuk tanaman pagar yang dapat memperlambat penyebaran limpahan air.
“Tanaman ini memiliki akar yang berfungsi bagaikan kolom beton bertulang. Sehingga dapat mengurangi erosi tanah serta dapat mempertahankan kelembapan tanah, selain itu juga dapat mensuburkan tanah,” kata Dandim.
Penanaman rumput vetiver ini  diikuti Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata, Camat Sukun Widi E. Wirawan, Lurah Pisang Candi Suswanto, dan Dinas PU serta melibatkan masyarakat sekitar.
Tak hanya berakar kokoh, lanjutnya, rumput vetiver merupakan tanaman tropis sejenis rumput-rumputan berukuran besar yang memiliki banyak keistimewaan. Mampu hidup disuhu dingin hingga minus 140 derajat celsius. Bisa bertahan disaat intensitas hujan tinggi, mulai 200-500 mililiter. Tahan terhadap rentang PH tanah 3-10, 5, toleran terhadap kekeringan, dapat tumbuh dengan baik pada lahan tandus dan tumbuh pada ketinggian 500-1500 meter di atas permukaan laut.
“Penanaman sengaja dilakukan menjelang musim hujan, karena rumput vetiver bisa tumbuh lebih baik saat musim hujan. 1000 bibit rumput vetiver diharapkan memberikan dampak instan mencegah longsor di kawasan tersebut. Sekaligus mampu menggantikan bangunan konstruksi penahan longsor dan ini lebih ekonomis dan ramah lingkungan,” lanjutnya.
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko menambahkan,  rumput vetiver ini memiliki akar yang menyebar dan memiliki kekuatan untuk dapat mempertahankan lapisan tanah bagian atas. Sehingga dapat mengatasi tanah longsor sekaligus untuk menyehatkan kembali kondisi struktur tanah. Bahkan bisa mengembalikan kualitas air tanah. “Saya berharap agar rumput Vetiver juga dapat kita tanam di wilayah TPA Supiturang. Agar dapat menghindari longsor. Lahannya sudah ada tinggal kita persiapkan bibitnya,” ujarnya. (mp4/aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : Agiem Cristian

  Berita Lainnya





Loading...