MalangPost | Cegah Corona Buat Siviko Sendiri

Minggu, 07 Juni 2020

  Mengikuti :


Cegah Corona Buat Siviko Sendiri

Jumat, 03 Apr 2020, Dibaca : 897 Kali

MALANG -  Beragam upaya dilakukan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19). Tidak hanya mengimbau warga diam diri di rumah, dan menerapkan social distancing, juga penyemprotan pemukiman dengan cairan disinfektan. Terbaru beberapa perkantoran mulai membuat bilik penyemrotan disinfektan.


Salah satunya di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Di  area perkantoran ini tersedia bilik Sikat Virus Corona (Sivico). Bilik tersebut tidak hanya digunakan oleh para pegawai kecamatan, tetapi berlaku bagi semua pengunjung.  
“Sekarang masih proses pembuatan. Biliknya memang sudah jadi tapi sprayernya (alat semprotnya masih  menunggu,” kata Camat Pakis Agus Hariyanto.


Menurutnya, bilik Sivico dibuat sendiri oleh staf kecamatan. Sekarang tinggal menunggu sprayernya, baru kemudian akan dioperasionalkan.
Agus mengatakan untuk bahan pembunuh virus tidak menggunakan bahan yang berbahaya. “Kalau disinfektan kan tidak boleh. Kami cari yang tidak berbahaya. Karena jangan sampai ada dampak. Nanti kami akan koordinasi dengan Dinas Kesehatan,” terangnya.


Lebih jauh, dikatakannya bahwa pemerintah Kecamatan Pakis terus berupaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona.  Salah satunya dengan penyemprotan disinfektan di sepanjang jalan Raya Pakis  hingga perbatasan Tumpang. Penyemprotan disinfektan menggunakan kendaraan water cannon milik Detasemen B Brimob Ampeldento, Pakis.
Penyemprotan disinfektan tidak hanya sekali, namun dilakukan beberapa kali. Ia juga mengimbau  warga untuk selalu menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dengan sering cuci tangan menggunakan sabun.(ira/agp)

Editor : Agung Priyo
Penulis : Ira Ravika