Cegah Banjir, Normalisasi Saluran Drainase | Malang Post

Kamis, 12 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Kamis, 03 Okt 2019, dibaca : 651 , vandri, kerisdianto

PENANGANAN: Petugas DPUPR Kota Batu membersihkan sampah dalam saluran drainase di Jalan Panglima Sudirman, kemarin. Ini merupakan upaya antisipasi banjir. 

 

BATU- Pemkot Batu mulai antisipasi banjir dan genangan air jelang musim hujan. Salah satu caranya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) melakukan normalisasi saluran drainase dan gorong-gorong. 
Sekretaris DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhifayat mengatakan, setiap musim hujan beberapa ruas jalan di Kota Batu seringkali digenangi air. Karena itu jelang musim hujan tahun ini, pihaknya melalukan normasilisasi saluran drainase. 
“Kami sudah mencegah terjadinya air menggenang dan banjir di beberapa titik jalan selama musim hujan. Setiap hari tim kami keliling mengecek drainase di seluruh Kota Batu," ujar Alfi.
Salah satu ruas jalan yang sudah dicek kondisi drainasenya yakni di Jalan Panglima Sudirman. “Di tempat tersebut, tim kami berhasil mengangkat sampah seperti sampah bungkus makanan, celana, baju, ranting pohon, material, hingga kasur,” bebernya.
Alfi mengungkapkan, tumpukan sampah yang ada di saluran drainase itulah yang menjadi  salah satu penyebab  Karena itulah sejak sekarang harus dibersihkan atau disterilkan dari sampah.  
DPUPR Kota Batu juga membersihkan sampah di Jalan Suropati dan Jalan Diponegoro. Di dua ruas jalan tersebut, juga ditemukan tumpukan sampah yang berpotensi menyebabkan banjir. 
Selain sampah, DPUPR Kota Batu juga memperbaiki grill drainase yang rusak. Tujuannya agar sampah tak mudah masuk dalam saluran drainase.
“Kalau tahun sebelumnya dalam sehari kami cuma satu tim. Untuk tahun ini antisipasi musim hujan kami ditingkatkan menjadi dua tim. Ini salah satu cara kami agar kondisi saat hujan nanti tidak terjadi  luberan air atau genangan air,” bebernya.
Alfi mengajak warga melaporkan ke DPUPR jika di sekitar rumahnya terdapat drainase yang dipenuhi sampah. Sehingga segera dilakukan penanganan sebelum memasuki musim hujan.
"Kami juga mengimbau agar masyarakat bersama-sama lebih peduli terhadap lingkungannya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu membersihkan selokan di sekitarnya,” imbaunya. (eri/van)  



Loading...