Calon Anggota Panwascam Ikuti Tes Wawancara | Malang Post

Senin, 20 Januari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Sabtu, 14 Des 2019,

MALANG – Sebanyak 327 calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) mengikuti tes wawancara, Sabtu (14/12) . Satu persatu calon anggota Panwascam ini berhadapan langsung dengan tim seleksi, yang dipimpin Ketua Bawaslu, Kabupaten Malang Mohammad Wahyudi. “Tahapannya sekarang adalah tes wawancara. Sebelumnya, peserta mengikuti tes tulis dengan sistem CAT yang digelar di Universitas Brawijaya, Malang,’’ katanya.
Wahyudi mengatakan, untuk wawancara para calon tidak hanya memaparkan visi dan misi mereka mendaftar sebagai anggota Panwascam. Tapi juga menceritakan pengalaman.
“Karena dari beberapa calon ini sudah pernah menjadi anggota Panwascam, pada gelaran Pemilu lalu. Sehingga peserta juga kami minta untuk menceritakan pengalaman sebelumnya,’’ tambahnya.
Berbeda dengan tes tulis yang digelar hanya satu hari. Sementara untuk tes wawancara, digelar selama satu minggu, hingga hingga Jumat (20/12).Masing-masing mengikuti tes satu persatu. Rata-rata peserta mengikuti tes wawancara selama 10 hingga 15 menit.
“Saya melihatnya peserta sudah sangat siap dengan materi. Tidak banyak dari mereka yang gugup. Hampir rata-rata mereka sudah siap,’’ ungkap Wahyudi.
Dari dua tes yang diikuti tersebut, nanti hanya 99 orang saja yang  dipilih. Calon yang dipilih adalah mereka yang mendapatkan nilai tertinggi. “Rekruitmen anggota Panwascam ini digelar serentak di seluruh Indonesia, oleh Bawaslu yang daerahnya menggelar Pilkada, termasuk Kabupaten Malang,’’ tambahnya.
Dia juga mengatakan, setelah proses penilaian selesai, panitia akan mengumukan hasilnya. Para anggota Panwascam terpilih, akan dilantik pada Senin (23/12) mendatang.
Wahyudi  menambahkan, setelah terbentuk, tiga anggota Panwascam membentuk sekretariat, yang berisi enam orang. Dua berstatus Pengawai Negeri Sipil (PNS) empat lainnya dari swasta.  Menurut Wahyudi, dua PNS tersebut menjabat sebagai Ketua dan Bendahara. Sedangkan lainnya mengerjakan tugas administrasi,’’ bebernya.
Sementara untuk peserta yang tidak lolos, kata Wahyudi agar mereka tidak berkecil hati. Para calon dapat mengikuti seleksi panitia pengawas tingkat desa dan kecamatan. “Makanya , sudah melakukan sosialisasi. Sehingga peserta tidak kaget,’’ tandasnya. (ira/udi)

Editor : Mahmudi
Penulis : Ravika






LOWONGAN KERJA

Loker

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...