C-21 Prestasi Aktualisasi Program Merdeka Belajar | Malang POST

Jumat, 21 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Rabu, 29 Jan 2020,

MALANG - Lomba dan Turnamen C-21 Prestasi XV SMPK Frateran telah usai pada Jumat (24/1) lalu. Menjadi  kebanggaan tersendiri bagi para peserta bisa mendapat kesempatan untuk mengembangkan bakat dan kemampuan mereka di ajang kompetisi siswa SD/MI se Malang Raya tersebut.
Lomba C-21 Prestasi tahun ini dimeriahkan dengan beberapa perlombaan. Dari bidang olahraga ada lomba futsal dan basket. Sedangkan di bidang akademik ada lomba story telling dan science competition.  Kepala SMPK Frateran Celaket 21 Malang Fr. M. Yohanes Laga Payong, BHK., M.Pd., mengatakan, C 21 Prestasi memiliki beberapa tujuan, antara lain mengembangkan bakat dan potensi siswa SD melalui sebuah kompetisi.
“Di dalam kompetisi ada nilai sportifitas yang penting dalam membangun karakter siswa. Melalui sportifitas anak bisa menghargai dan menghormati orang lain,” katanya.
Yohanes melanjutkan, kompetisi juga menuntut siswa untuk disiplin. Karena berbicara tentang menang atau kalah dalam sebuah perlombaan, sikap disiplin sangat menentukan.
“Kegiatan ini juga menjadi wadah bagi siswa SD untuk memupuk sikap percaya diri mereka dan melatih kerja cerdas dalam meraih prestasi,” terangnya.
Lomba C 21 Prestasi tidak hanya bermanfaat bagi siswa SD sebagai peserta lomba, tetapi juga menjadi ajang berlatih dan berkreasi bagi siswa-siswi SMPK Frateran sebagai penyelenggara. Menjadi ajang kreasi karena mulai awal pembukaan acara mereka ikut memeriahkan kegiatan lomba dengan beberapa penampilan kreativitas.
Seperti penampilan ekstra band dan modern dance.  Di bidang ekstrakurikuler favorit siswa tersebut sempat menghangatkan suasana kegiatan pembukaan pada Sabtu (18/1) lalu.   
Sementara bagi siswa yang aktif di OSIS, menambah pengalaman mereka dalam berorganisasi, mulai sejak persiapan acara hingga penutupan, mereka ikut bertanggungjawab terhadap suksesnya acara.  
Seperti  diketahui, kegiatan C 21 Prestasi dibuka secara resmi oleh Yayasan Mardi Wiyata, yang diwakili oleh Sekretaris Yayasan Mardi Wiyata, Fr. M. Raymundus, BHK, S. Pd. Menurutnya, peningkatan mutu pendidikan tidak hanya diukur dengan pencapaian kualitas akademik. Tetapi juga non akademik.
Lomba C-21 Prestasi  salah satu kompetisi yang memperkuat kemampuan siswa. "Dengan kegiatan ini diharapkan secara merdeka siswa dapat mengembangkan kemampuan non akademiknya. Sesuai dengan visi misi Kementerian Pendidikan Indonesia saat ini yakni  dengan program merdeka belajar," katanya.
Tak kalah penting kata dia, sebuah kompetisi dapat memperkuat nilai karakter, dengan saling menghargai, menghormati, solidaritas dan toleransi antar pelajar. Sehingga motivasinya bukan hanya untuk menang, tetapi juga memperkuat persatuan dan kesatuan. "Semoga kegiatan ini memberikan imbas positif terhadap perkembangan diri peserta didik," harapnya.
Menurut Raymundus, C 21 Prestasi merupakan event yang sangat efektif dalam memperkuat nilai-nilai karakter sesuai tuntutan kurikulum. Selain itu menjadi bagian dalam memberikan pengalaman langsung pada siswa. “Perlombaan ini menjadi learning experience bagi siswa yang terlibat  dan merupakan momen yang tepat bagi mereka untuk berkreasi sebagai bentuk dari merdeka belajar,” tandasnya. (imm/sir/aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : Imam Wahyudi



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...