Buaya Makan Orang - Malang Post

Rabu, 20 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Selasa, 15 Okt 2019, dibaca : 10218 , halim, fino

MALANG - Sebuah channel Youtube bernama Alesha Channel membagikan sebuah video bombastis. Video ini menunjukkan seekor buaya memangsa manusia. Hewan berdarah dingin itu menyeret korban ke dalam air. Video tersebut diberi judul “Buaya Makan Orang di Serpong Tangsel”.
Video ini berdurasi 25 detik dengan tagar Kecamatan Serpong yang ditempelkan di tengah tampilan tersebut. Sepintas, video yang cukup mengenaskan dan bikin bergidik ini, seakan-akan benar terjadi di Tangerang. Namun, video yang disebut berlokasi di Tangerang, ternyata tidak terjadi di kawasan itu.
Video ini terjadi di Buton, Sulawesi Tenggara. Tanggal kejadian tersebut juga bukan bulan Oktober 2019. Melainkan, terjadi pada 12 April 2019 lalu. Korban bernama Darlin Ulti. Dia diserang buaya ketika sedang memperbaiki pipa bawah air.
Korban digigit buaya di sungai dekat rumahnya. Video ini juga direkam oleh warga sekitar. Sehingga, klaim bahwa buaya memakan manusia yang viral di Serpong Tangerang, tidak terbukti. Kasubbag Humas Polres Makota Ipda Ni Made Seruni Marhaeni menegaskan, hoax masih berkeliaran di dunia maya.
“Masyarakat diharap tetap waspada terhadap hoax. Karena, sampai sekarang patroli siber kami masih sering menemukan hoax,” ujar Marhaeni kepada Malang Post. Dia mengungkapkan, masyarakat harus mencari sumber berita valid.
Terutama, media mainstream yang melakukan verifikasi dan konfirmasi terhadap semua informasi berpotensi hoax. Dengan validasi dan konfirmasi dari narasumber yang berkompeten, informasi yang beredar minimal telah terjadi cek ricek. “Harapannya masyarakat selalu saring sebelum sharing, jangan sampai ikut menjadi pelaku penyebar hoaks,” tutupnya.(fin/lim)



Selasa, 19 Nov 2019

Ahok di Tengah Dua Wanita

Loading...