MalangPost - BISA TEMBUS 14 DERAJAT CELCIUS

Rabu, 05 Agustus 2020

  Mengikuti :

BISA TEMBUS 14 DERAJAT CELCIUS

Kamis, 30 Jul 2020, Dibaca : 939 Kali

Masyarakat Kota Malang belakangan ini mulai merasakan suhu yang bertambah dingin. Sesungguhnya , suhu dingin ini sudah wajar. Karena Kota Malang juga berlabel kota dingin. Ini bisa diamati di story media sosial warga Kota Malang terkait suhu dingin. Bahkan sempat mencapai 18 derajat celcius.

Beberapa masyarakat ada yang mengeluh, juga ada yang menikmatinya. Karena memang Kota Malang sebenarnya sudah tidak sesejuk dan sedingin ini lagi. Jadi tak sedikit orang juga merasa senang dengan cuaca dingin yang mulai melanda Kota Malang.

Menurut Kepala Sub Bagian Observasi dan Informasi (BMKG) Karangploso Malang, Anung Suprayitno suhu dingin sebenarnya fenomena alam yang lumrah dan terjadi setiap tahun. Dikatakannya, puncak terdingin umumnya terjadi di bulan Agustus. Karena hal ini bertepatan dengan wilayah selatan ekuator sedang jauh dari garis edar matahari.

Saat itu, tekanan udara di Belahan Bumi Selatan (BBS) lebih tinggi dari pada Belahan Bumi Utara (BBU). Sehingga pola sirkulasi angin bertiup dari selatan ke utara yaitu dari benua Australia ke benua Asia. 

"Seiring australia sedang musim dingin maka aliran udara yang melewati wilayah kita bersifat kering dan dingin. Ini dikenal dengan monsun timuran. Monsun timuran berimplikasi kita berada pada musim kemarau. Jadi suhu dingin pasti terjadi umumnya dimulai sejak Mei-September dan puncaknya di bulan Agustus," tambahnya, Selasa (28/72020) siang.

Sedangkan suhu dingin dari tahun ke tahun cukup bervariasi, seperti pada tahun 2018 yang sempat terjadi frost. Untuk tahun ini kemungkinan suhu terdingin yang berada di bulan Agustus bisa saja mencapai 14 derajat celcius.

Masyarakat sebenarnya sudah terbiasa dan maklum akan perubahan suhu ini. Maka dari itu, biasanya masyarakat menyebutnya dengan istilah bediding. Kepala sub BMKG Karangploso Malang juga menambahkan terkait untuk menjaga kesehatan di musim-musim dingin seperti ini "Harus waspada terhadap kesehatan terutama lansia dengan suhu dingin, sisi lainnya ada juga peternakan khususnya unggas yang juga nantinya akan cukup terganggu," tutupnya.

Editor : yan
Penulis : mmt