Bergaul dengan Etika | Malang POST

Sabtu, 29 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Bergaul dengan Etika

Selasa, 21 Jan 2020,

Pergaulan anak muda begitu luas dan bebas. Bahkan, tak sedikit dari mereka bergaul tanpa sopan santun. Hal ini justru menarik perhatian Aster Indahing Sari untuk terus mengajak generasi muda bergaul dengan etika.
"Contohnya, menggunakan kata maaf, terima kasih dan tolong. Tiga kata ini memang terdengar sepele, tapi sangat penting bagi kehidupan sehari-hari," papar perempuan berusia 21 tahun ini.
Bagi perempuan yang sehari-hari bekerja di Trans Studio Mini ini, ketiga kata-kata tersebut merupakan salah satu bentuk perbuatan yang menghargai dan menghormati orang lain.
"Apalagi bagi aku yang pekerjaannya bertemu dengan pelanggan. Ketika ada pelanggan yang ngomong gitu, merasa dihargai banget dan adem gitu," jelas Aster.
Selain tiga kata tersebut, yang paling sering dilupakan oleh generasi muda adalah attitude.
"Kadang, banyak anak muda yang berkumpul sama temannya sering mengumpat dan menggunakan kata-kata kasar. Sebaiknya dikurangi, atau dihindari," ujar perempuan yang bercita-cita ingin menjadi Hotelier tersebut.
Selain ucapan, kata Aster, tingkah laku sehari-hari juga harus tetap diperhatikan. "Dengan memberikan senyum, bersikap ramah pada orang lain itu juga penting. Itu hal sederhana tapi efeknya luar biasa," urai Aster.
Utamanya, lanjut Aster, ketika menjalin komunikasi atau hubungan dengan orang tua. Harus menggunakan bahasa yang lembut dan tingkah laku yang baik.
"Kalau sama orang tua, saya selalu menggunakan Bahasa Jawa halus. Atau, menggunakan Bahasa Indonesia dengan santun," ungkap Aster.
Selama ini, Aster mendapatkan pengetahuan dan bimbingan terkait attitude setelah mengikuti ajang pemilihan duta.
"Ketika ikut pemilihan apa pun, di sana diajarkan terkait attitude. Lama kelamaan, akhirnya jadi ke bawa sendiri gitu," papar perempuan yang juga berprofesi sebagai model ini.
Untuk itu, Aster berupaya menjaga attitude ketika bergaul bersama teman-temannya. Ia berharap, bisa memberikan contoh yang baik kepada teman-temannya yang lain.
"Kalau misalnya ada hal positif dari aku, mungkin bisa dicontoh. Begitu juga dengan temanku yang lain, kalau ada hal positifnya, aku bisa jadikan contoh juga. Jadi, saling melengkapi dalam kebaikan," tandas dia.(tea/ary)

Editor : Bagus Ary Wicaksono
Penulis : Amanda Egatya

  Berita Lainnya



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet

Loading...