Berdayakan Masyarakat Lewat Program Padat Karya Infrastruktur | Malang Post

Selasa, 12 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Kamis, 17 Okt 2019, dibaca : 198 , udi, agung

MALANG - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang melakukan program padat karya infrastruktur di Desa Mulyorejo, Kecamatan Ngantang. Program itu dilakukan sejak 23 September dan berakhir Rabu (16/10). Tujuan dari kegiatan ini, untuk memberdayakan masyarakat dan meningkatkan perekonomian warga setempat.
 Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja (Penta), Rahmat Yuniman, mengatakan dalam mengerjakan program padat karya infrastruktur melibatkan 88 orang pekerja dari warga sekitar. Kegiatan tersebut merupakan implementasi kebudayaan program dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI. Bentuk pekerjaannya berupa rabat beton.  "Program ini memberdayakan masyarakat sekitar Desa Mulyorejo, Ngantang. Tujuannya supaya bisa bersinergi membangun daerahnya, sekaligus untuk meningkatkan ekonomi warga," ujar Rahmat Yuniman.
Dikatakan,  program padat karya infrastruktur ini, juga untuk membuka lapangan pekerjaan sementara bagi masyarakat sekitar. Supaya dapat mengurangi angka pengangguran sekaligus kemiskinan yang ada di Kabupaten Malang.
"Karenanya sasaran program ini adalah masyarakat yang belum bekerja atau pengangguran. Meskipun itu bersifat sementara, bukan pekerjaan reguler, namun yang terpenting ada kegotong-royongan dari warga untuk berpartisipasi dalam pembangunan padat karya," jelasnya.
Erno, salah satu warga mengatakan bahwa selama ini masyarakat memang sangat membutuhkan program padat karya ini. Karena sebelumnya jalan tersebut merupakan jalan setapak. Pengendara kendaraan bermotor kesulitan mengakses jalan tersebut.
"Jalan itu merupakan akses utama bagi warga setempat yang mayoritas bekerja sebagai petani menuju ladangnya," ungkap Erno.
Lebih lanjut, dikatakan, sebelumnya masyarakat telah bermusyawarah untuk membangun jalan. Setelah semua setuju, warga kemudian mengusulkan adanya gotong royong pembangunan jalan melalui program padat karya Disnaker.“Kondisi jalan memang butuh diperbaiki. Itu dulu jalan setapak, apalagi kalau hujan susah dilewati. Sehingga butuh ditingkatkan agar mempermudah akses masyarakat beraktifitas dan bekerja," paparnya. (agp/udi)



Loading...