Belum Lunas BPJS Tak Bisa Buat SIM - Malang Post

Rabu, 20 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Minggu, 13 Okt 2019, dibaca : 678 , halim, fino

MALANG - Polres Malang memastikan informasi soal warga tak bisa membuat SIM apabila belum membayar iuran BPJS sebagai disinformasi aias hoax. Sampai sekarang, masyarakat Kabupaten Malang masih bisa mengurus SIM dengan normal, tanpa ada aturan baru soal keterkaitannya dengan BPJS.
“Kami sampaikan untuk saat ini, informasi tersebut adalah disinformasi. Sampai sekarang, masyarakat Kabupaten Malang masih bisa mengurus SIM dengan normal, sesuai aturan yang sudah ada,” ujar Kasubbag Humas Polres Malang AKP Ainun Djariyah kepada Malang Post, Minggu.
Informasi ini termasuk kategori disinformasi karena belum terbukti kebenarannya. Sampai saat ini, kata Ainun, warga cukup melalui tahapan yang selama ini sudah berjalan sesuai dengan aturan yang dikeluarkan Polri. Pertama, warga harus memiliki KTP dan menyerahkan fotokopi.
Kedua, memiliki surat keterangan sehat jasmani dan rohani. Ketiga, registrasi dan mengisi formulir pendaftaran pengajuan SIM. Keempat, warga mengikuti ujian tulis dan ujian praktik. Kelima, setelah dinyatakan lulus, warga melakukan proses identifikasi SIM.
SIM diterbitkan oleh Satpas Satlantas dan warga yang lulus ujian sudah mengantongi SIM. Begitu juga untuk perpanjangan SIM, tidak ada persyaratan harus melunasi iuran BPJS. Untuk memperpanjang SIM, warga cukup membawa SIM berlaku yang akan diperpanjang serta fotokopi, beserta KTP dan fotokopinya.
Lalu, surat keterangan sehat, lulus tes psikologi dan mengisi formulir, diakhiri pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) SIM di bank yang telah ditentukan. Dengan demikian, Ainun berharap bagi warga yang akan memperpanjang SIM atau membuat SIM baru, untuk tidak takut dan langsung datang ke Satpas Satlantas terdekat.
Informasi soal ini masih sebatas isu. Karena, belum ada aturan tertulis yang disetujui pihak terkait. Yakni, dalam hal ini Polri untuk memakai lunas tidaknya BPJS dalam mengurus SIM. “Memang sudah diusulkan oleh BPJS, tapi itu masih sebatas usulan. Belum masuk dalam aturan untuk pengurusan SIM,” tutup Ainun.(fin/lim)



Selasa, 19 Nov 2019

Ahok di Tengah Dua Wanita

Loading...