MalangPost - Belajar Komunikasi Tak Cukup Hanya di Kelas

Kamis, 09 Juli 2020

  Mengikuti :


Belajar Komunikasi Tak Cukup Hanya di Kelas

Kamis, 24 Okt 2019, Dibaca : 1266 Kali

MALANG - Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Merdeka (Unmer) Malang menggelar Seminar Nasional bertajuk “Inspiring Business Communication”. Seminar nasional menghadirkan pembicara Irma Mufita Y S.Ikom,. M.I.Kom, Dosen FISIP Ilmu Komunikasi Bidang Broadcasting Unmer  Malang, Maulid Agung T, SE., MM., Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis bidang Manajemen Periklanan Unmer Malang, Endow Firza, S.T Manager development Executive Indomarco Prismatama Malang.
Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Unmer Malang, Dr. Saudah, S.Sos.,M.Si mengatakan bahwa acara ini lebih tepat terbilang sebagai pembekalan awal untuk mahasiswa yang hendak terjun ke dunia Public Speaking, Broadcasting, dan Advertising khususnya untuk semester satu dan tiga.
“Ini sangat positif, karena kegiatan ini untuk mengawali mereka dalam pilihan yang tepat antara Public Relations, Broadcasting, dan Advertising,” kata dosen yang akrab disapa Sasa kepada Malang Post.

   Baca juga : Sandiaga Uno Anggap Nadiem Cocok Jabat Mendikbud
Sasa menambahkan, dalam seminar ini hadir juga pemateri dari perusahaan retail Indomarco. Dimana pada semester tiga ada mata kuliah komunikasi bisnis yang tentunya berkaitan dengan perkembangan bisnis dalam sebuah perusahaan.
“Kami menginginkan mahasiswa tidak hanya mendapatkan pembelajaran di kelas, tapi mahasiswa mendapatkan ilmu, pemahaman, dan pengalaman langsung dari ahlinya,” lanjutnya.
Senada dengan hal itu, pemateri Maulid Agung T, SE., MM menjelaskan bahwa strategi periklanan harus memiliki daya dorong, sebagaimana orang menjadi membenak dalam dirinya akan sebuah iklan.
“Singkat, jelas, menarik, clarity dan beauty adalah salah komponen-komponen yang harus di pikirkan dalam beriklan,” kata sapaan Agung.

   Baca juga : Gimmick Kabinet
Kemudian pemateri Irma Mufita Y S.Ikom., M.Ikom menyampaikan, bahwa untuk menjadi seorang penyiar atau broadcaster harus memiliki kepercayaan diri, kreatif, berwawasan luas, serta memiliki ciri yang khas.
“Konten yang harus harus memiliki daya tarik yang tinggi agar tidak membosankan untuk dilihat dan didengarkan, tetapi dengan tidak mengubah fakta yang ada. Selain itu cara berbicara di depan kamera dengan audien tentu sangat berbeda, sehingga perlu pendalaman ilmu Broadcasting,” kata dosen sapaan Irma.
Sementara itu, pemateri dari perusahaan ritel PT. Indomarco Prismatama Malang yakni Endow Firza, S.T menjelaskan dalam dunia bisnis tentunya harus mengikuti era perkembangan zaman. Dimana pihaknya menggunakan strategi yang bergerak menggunakan mesin atau digital.
“Sekarang sudah zamannya era digital, salah satunya media sosial. Sehingga kita harus memanfaatkannya media itu sebaik mungkin untuk mewujudkan eksistensi dalam suatu perusahaan tersebut, karena dampak dari media sangatlah besar,” pungkasnya. (mp4 /sir/oci)

Editor : rosida
Penulis : mp