MalangPost - Belajar Bisnis dari Alumni Sukses STIMATA

Kamis, 09 Juli 2020

  Mengikuti :


Belajar Bisnis dari Alumni Sukses STIMATA

Selasa, 10 Des 2019, Dibaca : 2637 Kali

MALANG - Owner Awesam Malang, Fafi Fathur R. S.Kom memberikan arahan serta motivasi kepada para peserta seminar kewirausahaan di STMIK Pradnya Paramita (STIMATA) Malang. Seminar tersebut digelar  dalam rangka Dies Natalis STIMATA yang ke-19. Dalam kesempatan tersebut, Fafi mengatakan peluang bisnis terus terbuka bagi mereka yang punya tekad dan kemauan keras.
Apalagi, kata dia, Kota Malang menjadi jujukan masyarakat nasional dan internasional sehingga potensi ke depan semakin besar untuk menjalani usaha di bidang apapun. Namun yang terpenting, kata dia, adalah kemauan untuk maju dan berkembang. Tanpa kemauan sebesar apapun peluang tidak akan bermanfaat.
Ia mencontohkan perjalanan Awesam, mulai sejak awal hingga kini sukses membuka enam cabang yang ada di Malang Raya. Usaha di bidang fashion ini dimulai sejak tahun 2012 dengan satu produk khasnya membuat dan menjual kaos polos.
Fafi mengungkapkan bahwa ia memulai usahanya bermula dari rasa iri dengan kota-kota lain yang mempunyai merchandise kaos khas. Seperti Jogja yang punya kaos Dogado.
"Saya iri, masa Malang nggak punya kaos khas yang bisa jadi oleh-oleh bagi pengunjung Malang, maka saya mencoba membuatnya dengan produk Awesam ini," katanya.
Kepada peserta seminar, Fafi menyampaikan bahwa Custom Merchandise selalu menjadi peluang bisnis yang menjanjikan di masa depan.
Menurutnya merchandise termasuk kebutuhan masyarakat di waktu yang lama. Peluang bisnis di bidang tersebut masih terbuka untuk siapa saja yang punya minat dan kreativitas.
Namun kata dia, mengembangkan bisnis selalu dihadapkan dengan berbagai tantangan.  Hal tersebut merupakan sebuah kewajaran bagi usaha yang akan berkembang.
"Bisnis itu diinjak dan ditabrak bagaimanapun tetap harus maju," tegasnya.
Maka dari itu, lulusan STIMATA ini mengimbau bagi pemula disarankan untuk menjalankan bisnis yang mampu menjangkau berbagai macam kalangan. Yakni usaha yang manfaatnya tidak terbatas dengan usia dan tingkat ekonomi.
"Jangan lupa untuk terus berinovasi dengan produk-produk baru, agar customer mendapat sesuatu yang berbeda, itu sangat penting dilakukan," tandasnya.
Seminar wirausaha STIMATA berlangsung dengan menarik dan interaktif. Beberapa peserta tampak aktif melontarkan pertanyaan untuk menggali pengetahuan yang lebih dalam.  
Salah satunya Dimas, yang menanyakan tentang tips jitu untuk membangun kepercayaan customer.  Dalam hal ini, Fafi pun menjelaskan bahwa membuat pelanggan loyal membutuhkan waktu yang tidak singkat. Ada proses yang harus dilalui sehingga mendapat tempat di hati pelanggan.
"Yang pasti kualitas harus dijaga. Dan yang tidak kalah penting tidak segan memberikan penghargaan kepada pelanggan. Misalnya berupa diskon atau member card bagi pelanggan setia," tuturnya. (imm/sir/oci)

Editor : Rosida
Penulis : Imam