MalangPost - Belajar Bangunan Tahan Gempa dari Taiwan

Kamis, 09 Juli 2020

  Mengikuti :


Belajar Bangunan Tahan Gempa dari Taiwan

Rabu, 23 Okt 2019, Dibaca : 1263 Kali

MALANG - Program Studi Teknik Sipil Universitas Merdeka (Unmer) Malang menggelar International Guest Lecture dengan mendatangkan narasumber asal Taiwan yakni Prof. Su Ying Feng, SE., PE., Ph.D.. Dia adalah guru besar National Central University, Taiwan sekaligus praktisi di bidang konstruksi Highrisk Building dan industrial project. Kegiatan berlangsung di gedung Fakultas Teknik, Selasa, (22/10).
Ketua Program Studi Teknik Sipil, Ir. Turijan, ST., MT, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan menambah wawasan para mahasiswa teknik sipil beserta dosen dalam mendapatkan informasi mengenai kondisi terbaru dunia. Terutama terkait struktur bangunan tahan gempa dari ahlinya langsung.
“Materi ini diberikan kepada para mahasiswa S1 serta dosen Teknik Sipil supaya dapat memotivasi menyelesaikan studinya dengan baik,” kata Turijan kepada Malang Post.

   Baca Juga : Tumpang Tindih, Program Pengentasan Kemiskinan Dievaluasi


Acara ini dimoderatori oleh I Putu Ellsa Sarastika, ST., M.Sc. untuk menjelaskannya paparan dari Prof. Su. Ia menyampaikan tentang sistem kerja peredam gempa yang terbuat dari baja yang sudah digunakan di Taiwan.
“Dengan penerapan sistem peredam gempa dalam gedung bertingkat, maka dapat melakukan penghematan 25% pada beton dan 50% tulangan,” jelasnya.
Prof. Su sendiri merupakan seorang pakar dan konsultan yang menjadi pemegang hak paten dari konstruksi bangunan peredam gempa. Selain itu kedatangannya untuk memresentasikan hasil konstruksinya kepada genarasi penerus bangsa. Harapannya kedepan yakni metode sistem ini dapat diterapkan secara efisien di Indonesia mengingat di beberapa wilayah tanah air masuk dalam rawan gempa.
Sementara itu, untuk mendukung strategi kebijakan kompetensi dalam peningkatan SDM di bidang konstruksi bangunan tahan gempa, maka LPK Unmer Malang bekerjasama dengan DPUPR Kota Malang berencana akan segera menyiapkan pelatihan yang berbasis kompetensi. Program ini nantinya akan berkolaborasi dari tim instruktur Prof. Su Ying Feng SE, PE, Ph.D dengan para dosen di Program Studi Teknik Sipil Unmer Malang. (mp4/sir/oci)

Editor : rosida
Penulis : agiem