Bekuk Laos, Indonesia ke Semifinal | Malang POST

Jumat, 28 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Bekuk Laos, Indonesia ke Semifinal

Jumat, 06 Des 2019,

MALANG - Timnas Indonesia U-22 mengunci satu tiket menuju semifinal SEA Games 2019 Filipina usai membekuk Laos 4-0, Kamis (5/12). Dalam laga yang dihelat di Stadion Imus Grandstand, skuad asuhan Indra Sjafri, menekuk Laos lewat gol Saddil Ramdani (5’), Osvaldo Haay (47’, 90+’) dan penalti Bagas Adi Nugroho (72’).
Dengan hasil ini, Indonesia berhak melaju ke 4 besar cabor sepak bola SEA Games 2019, dan bakal menghadapi Myanmar pada Sabtu, 7 Desember 2019. Dengan misi lolos ke semifinal, Indonesia langsung tancap gas untuk mengumpulkan pundi-pundi gol. Terbukti, Saddil sudah membobol gawang Laos menit 5, untuk keunggulan 1-0 atas Laos.
Meski kebobolan, Laos tetap berupaya tampil setenang mungkin, dan mulai menekan Egy Maulana Vikri dkk sepanjang babak pertama. Semua peluang dimanfaatkan sebaik mungkin oleh Laos. Tapi, performa Nadeo Argawinata menyelamatkan gawang Indonesia, dan menggagalkan upaya Laos menyamakan kedudukan.
Di menit akhir babak pertama, Indonesia berupaya menambah keunggulan lewat Egy Maulana, tapi peluang tersebut terbuang percuma dan tak terkonversi menjadi gol. Sampai turun minum, skor masih 1-0. Setelah istirahat, babak kedua menjadi lebih hidup berkat sentuhan Indra Sjafri.
Permainan Indonesia jauh lebih menarik dan berbahaya bagi Laos. Terbukti, dua menit paska jeda, Osvaldo Haay langsung membobol gawang Laos, menit 47. Indonesia menambah skor menjadi 2-0. Ketenangan Laos yang terlihat di babak pertama, mulai hilang ketika mereka tertekan akibat ketinggalan gol.
Permainan Laos semakin terbuka, dan mencoba spekulasi ke gawang Indonesia. Menit 64 misalnya, Laos mencoba tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti, yang dijinakkan Indonesia. Permainan menyerang Indonesia, membuat Laos terpancing emosi hingga akhirnya membikin kesalahan fatal.

Pelanggaran di area kotak penalti, terlihat oleh wasit, dan berbuah penalti bagi Indonesia. Bagas Adi sebagai eksekutor menit 72, berhasil membobol gawang Laos. Meski bola sempat tertepis, Bagas menebusnya dengan mengambil bola muntah dan menjadikan keunggulan Indonesia 3-0.
Sampai dua babak waktu normal, Indonesia masih unggul. Jelang berakhirnya laga, Osvaldo membuat kejutan tambahan, dengan gol di menit 90+, yang akhirnya menggenapkan kemenangan Indonesia 4-0. Berkat hasil ini, Indonesia mengunci posisi dua klasemen grup B cabor sepakbola SEA Games 2019.
Witan Sulaiman dkk mengoleksi 12 poin, dari 5 pertandingan, dengan surplus 15 gol. Sementara, Thailand, pesaing utama Indonesia ke semifinal, dipaksa bermain imbang lawan Vietnam, dan harus rela pulang lebih cepat. Timnas Indonesia bakal menghadapi Myanmar, sementara Vietnam sebagai juara grup, melawan Kamboja.
Thailand harus tersingkir dari SEA Games 2019 setelah gagal meraih kemenangan atas Vietnam. Laga antara Vietnam vs Thailand yang digelar di Stadion Binan, Filipina, Kamis (5/12/2019) berakhir dengan skor imbang 2-2. Thailand sebenarnya mampu unggul cepat melalui sepasang gol dari Supachai Chaided di menit ke-5 dan Supahanat Mueanta pada menit ke-11. Namun, pasukan Vietnam akhirnya mampu menyamakan kedudukan melalui brace Nguyen Tien Linh masing-masing pada menit ke-15 dan ke-72. Dengan hasil ini, Thailand gagal melaju ke semifinal sekaligus memperlancar langkah timnas U23 Indonesia untuk lolos dari Grup B.

Indra Sjafri, pelatih Timnas Indonesia U-22, mengapresiasi kinerja dan kerjasama anak-anak asuhnya dalam laga lawan Laos. Meski hanya butuh dua gol untuk memastikan lolos ke semifinal, pemainnya tidak jumawa, dan meremehkan lawan. Sebaliknya, mereka tetap menjalankan taktik sebaik mungkin, sehingga mengakhiri laga dengan skor 4-0.(fin)

Editor : parijon
Penulis : Fino

  Berita Lainnya



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet

Loading...