Bangun MCC, Wujud Implementasi Nawa Bhakti Satya | Malang Post

Minggu, 15 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Senin, 14 Okt 2019, dibaca : 306 , aim, amanda

MALANG - Memperingati HUT ke-74 Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang siap menjalankan sembilan Nawa Bhakti Satya yang telah dicanangkan Pemprov Jatim. Salah satu program yang akan dilakukan adalah memperkuat ekonomi kreatif. Kota Malang sudah menyiapkan Malang Creative Center pada tahun depan.
Wali Kota Malang, Sutiaji di sela-sela upacara Peringatan Hari Jadi ke-74 Provinsi Jawa Timur di Balai Kota Malang, Senin (14/10), menjelaskan, dalam mewujudkan Nawa Bhakti Satya, yang meliputi Jatim Sejahtera, Jatim Kerja, Jatim Cerdas dan Sehat, Jatim Akses, Jatim Berkah, Jatim Agro, Jatim Berdaya, Jatim Amanah dan Jatim Harmoni diperlukan adanya kerjasama dari berbagai pihak. Baik dari pemerintah hingga masyarakat.
“Sembilan Nawa Satya Bhakti ini jadi penyangga kekuatan Jawa Timur, semua sektor harus diperkuat. Sebab, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah(RPJMD) Kota Malang berpatokan pada RPJMD provinsi,” terang dia.
Salah satu program yang akan dilakukan oleh Pemkot Malang  memperkuat sektor pembangunan ekonomi kreatif. Upaya tersebut sekaligus menjawab tantangan yang ada di era revolusi industri 4.0. “Pertumbuhan ekonomi kreatif saat ini terus mengalami pertumbuhan. Berdasarkan data yang berhasil dihimpun dari Badan Ekonomi kreatif (Bekraf), daya ungkit pertumbuhan ekonomi mencapai 18 persen. Angkanya lebih tinggi dibandingkan sektor lainnya yang rata-rata angka pertumbuhannya mencapai 9 persen,” jelas pria berkacamata ini.
Sebagai kota kreatif, lanjut dia, pihaknya akan membangun Malang Creative Center (MCC) bernilai ratusan miliar sebagai salah satu wadah untuk membangun sektor ekonomi kreatif yang ada di Kota Malang.
“MCC jadi salah satu program, tetapi Ekraf ini kan sektornya banyak. Bisa melalui berbagai program untuk menjawab tantangan di era revolusi industri. Apalagi Kota Malang menjadi satu-satunya daerah yang memasukkan penguatan ekonomi kreatif langsung dalam visinya,” imbuh dia. (tea/aim)



Loading...