Bangun Karakter Unggul Dengan Nilai LC2H - Malang Post

Sabtu, 23 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Minggu, 13 Okt 2019, dibaca : 219 , udi, imam

MALANG - SMAK Santa Maria diakui oleh Kasi SMA PKLK Dinas Pendidikan Wilayah kota Malang dan Batu, Drs. Slamet Riadi, M.Pd. sebagai salah satu sekolah terbaik di Kota Malang. Hal itu diungkapkan saat membuka kegiatan Langsep Challenge 2019, beberapa hari lalu.
Selain karena usia SMAK Santa Maria yang sudah matang, banyak prestasi telah dicapai oleh sekolah di Jalan Raya Langsep ini. Termasuk ribuan alumninya yang sukses dan berkiprah di berbagai bidang untuk kemajuan bangsa.
Kepala SMAK Santa Maria Malang, Sr. M. Theresella Karti, SPM., M.Pd, mengatakan, nilai yang akan dicapai oleh SMAK Santa Maria, meliputi empat hal yang terumuskan dalam LC2H. Yaitu Love, Competent, Creative-inovatif dan Harmoney. "Rumusan tersebut tidak lain untuk membangun karakter siswa kami untuk menjadi pribadi yang unggul," katanya.  
Theresella menjelaskan, Love yang bermakna kasih, menjadi landasan dalam sistem yang dibangun di lingkungan SMAK Santa Maria yang majemuk dan plural. Kasih nyata yang diberikan oleh SMAK Santa Maria bisa terlihat dalam pelaksanaan Langsep Challenge yang begitu berwarna dengan berbagai latar belakang peserta. Semuanya bisa berbaur dan membangun persaudaraan dalam perbedaan. "Maka kasih menjadi landasan utama. Sebab bersaudara dalam perbedaan itu indah," ungkapnya.
Competent adalah nilai kompetensi yang hendak dikembangkan. Bahwa siswa SMAK Santa Maria harus memiliki kompetensi di masing-masing bidang baik akademik maupun non akademik. "Karena kecerdasan tidak hanya tentang intelektual tetapi juga bidang lainnya," kata dia.
Adapun Creative-inovatif merupakan nilai plus dalam sebuah kompetensi. Dijelaskan Theresella, ketika siswa SMAK Santa Maria bisa hidup dengan kasih di tengah kemajemukan, serta kompeten di bidangnya, maka mereka juga harus kreatif dan inovatif untuk membangun dirinya.
Sedangkan Harmoni bertujuan untuk membangun keseimbangan. Suasana sekolah yang harmoni membuat keadaan menjadi nyaman. Belajar pun bisa tenang dan menyenangkan.
Theresella menuturkan, digelarnya Langsep Challenge 2019 oleh SMAK Santa Maria selama hampir sepekan sebagai upaya untuk membangun keharmonisan. Diantaranya dengan para peserta yang begitu beragam. "Kepada siapa pun kita terbuka dan kita semua bersaudara," tuturnya. (imm/sir/udi)



Loading...