MalangPost - Bakar Kotoran Sapi, Dua Rumah Terbakar

Kamis, 02 Juli 2020

  Mengikuti :


Bakar Kotoran Sapi, Dua Rumah Terbakar

Rabu, 02 Okt 2019, Dibaca : 993 Kali

MALANG – Selasa (1/10) dinihari sebelum kebakaran Lawang, ketenangan masyarakat Dusun Sumberkunci Desa Babadan Kecamatan Ngajum, mendadak heboh. Warga panik setelah melihat kobaran api membakar rumah Kaimah serta Rianto. Dugaannya api berasal dari kotoran sapi yang sebelumnya sengaja dibakar.
Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi pukul 00.30 tersebut. Namun kerugian akibat kebakaran lumayan cukup besar. Dua rumah yang terbakar itu mengakibatkan kerugian yang dialami ditaksir sekitar Rp 30 juta.
"Bangunan rumah yang terbakar hanya sebagian saja. Terutama adalah bagian dapur dan atap ruang tengah," ujar Kapolsek Ngajum AKP Farid Fathoni.
Informasi yang diperoleh, sebelum kebakaran terjadi, korban Kaimah, 70, membakar sisa pakan dan kotoran sapi yang mengering. Sampah kering tersebut, dibakar di belakang rumah dekat dengan ruang dapur.
Sebelumnya saat membakar sampah, korban Kaimah masih menunggu dekat sampah yang dibakar. Namun setelah menduga api sudah mengecil dan padam, Kaimah lantas masuk rumah untuk istirahat.
Saat ditinggal itu, ternyata api muncul lagi dan membesar. Api kemudian merambat ke bangunan ruang dapur yang terbuat dari anyaman bambu. Dengan sekejap api langsung membesar.
Rini, 25, tetangganya yang terbangun dari tidur, melihat ada kepulan asap diikuti api yang membakar ruang dapur rumah Kaimah. Saksi yang mengetahui, langsung berteriak minta tolong hingga mengundang kedatangan warga sekitar.
Selanjutnya, menggunakan air seadanya, warga berusaha memadamkan api. Tetapi bukannya padam, api malah membesar. Bahkan merembet ke bangunan rumah Rianto, 44, yang bersebelahan. Lantaran takut api menjalar kemana-mana, akhirnya sebagian warga menghubungi petugas PMK Kabupaten Malang. Termasuk melaporkan kejadian itu ke petugas Polsek Ngajum.
Setelah bersusah payah, akhirnya api berhasil dipadamkan. Namun beberapa perabot rumah tangga, sudah ludes terbakar. "Ada tiga unit mobil pemadam yang kami kerahkan ke lokasi. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 01.20," tutur Kasubdi Penanggulangan Kebakaran Kabupaten Malang, Agus Suyanto.(agp/lim)

Editor : halim
Penulis : agung