MalangPost - Awas Informasi Liar Tak Terkonfirmasi

Senin, 06 Juli 2020

  Mengikuti :


Awas Informasi Liar Tak Terkonfirmasi

Jumat, 29 Mei 2020, Dibaca : 3600 Kali

MALANG - New Normal yang akan dijalani Malang Raya memiliki tantangan  dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat. Pemda di Malang Raya perlu memperhatikan teknik berkomunikasi dengan warganya. Utamanya saat informasi beredar cepat di media sosial.


Hal ini disampaikan Pakar Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Sugeng Winarno dalam webinar Malang Post. “Apa yang disampaikan pemda dengan aturan dan berbagai kebijakannya di luar sana ternyata juga ramai muncul pro dan kontra. Yang menurut saya perlu didengar. Saya lihat informasi yang seharusnya disampaikan pemda malah sudah bocor duluan di medsos. Komunikasi dengan masyarakat juga menjadi pekerjaan rumah pemda,” urai Sugeng.


Menurutnya selama masa pandemi Covid-19 banyak informasi liar tak terkonfimasi yang membuat suasana di masyarakat menjadi kacau menimbulkan keresahan. Dalam masa transisi hal ini harus diperhatikan.
Pasalnya sebagus apapun kebijakan yang dibuat oleh pemda jika ada yang hadir mendistorsi dengan informasi tidak benar berulang-ulang, maka akan menjadi sebuah kebenaran yang ditelan mentah-mentah oleh warga.
“Pemda harus mau memantau ini terutama di media sosial. Untuk menciptakan suasana kondusif dan memahamkan masyarakat. Percuma kalau warga tak paham apa itu New Normal, tahapan utama yang harus dilakukan di masa transmisi kan pemahaman,” tegas Sugeng.


Ia menyarankan kepada pemda di Malang Raya dan jajarannya untuk mengatur strategi berkomunikasi. Memperhatikan bagaiamana cara berkomunikasi dengan berbagai jenis komunikan yang ada. Jika sasaran kalangan masyarakatnya berbeda-beda maka pesan atau media untuk menyampaikan  kebijakan juga berbeda.


Hal ini akan lebih memudahkan kerja pemda dan jajarannya untuk mengedukasi warga. Sebab mengurangi potensi miss komunikasi atau multi tafsir yang bisa terjadi.
“Jadi kalau ada informasi salah tafsir atau tidak benar harus di-counter dengan cepat. Jangan dibiarkan dan jadi bola liar. Ini penting agar mengendalikan situasi lebih baik,” sarannya.


Salah satu komunikan yang perlu diperhatikan adalah kalangan dunia usaha. Berkaitan dengan situasi perekonomian, suara kalangan pengusaha juga harus didengar. Kalangan inilah yang menentukan nasib roda perekonomian suatu  daerah ditengah pandemi ini. (ica/van)

Editor : Vandri Battu
Penulis : Francisca Angelina