Awas! 180 Pohon di Tiga Jalan Rawan Tumbang

Jumat, 18 Oktober 2019

Selasa, 01 Okt 2019, dibaca : 405 , vandri, kris

BATU - Warga diingatkan waspada angin kencang jelang peralihan musim bulan ini. Sebab  sekarang terdata 180 pohon rawan tumbang. Lokasinya tersebar di tiga ruas jalan di Kota Batu. Selain mengimbau warga, Pemkot Batu melakukan berbagai upaya pencegahan.
Kasi Kedaruratan BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim mengatakan, angin kecang dan pohon tumbang patut diwaspadai pengendara. Sebab peralihan musim kemarau ke musim hujan yang menyebabkan angin kencang diprediksi terjadi dalam bulan Oktober.  
"Angin kencang dan pohon tumbang jadi potensi bencana saat peralihan musim. Dari pantauan kami, saat ini ada beberapa kawasan jalan yang rawan pohon tumbang di Kota Batu," jelas Rochim.
Ia menguraikan sejumlah kawasan rawan pohon tumbang. Di antaranya Jalan Ir. Soekarno, Jalan Panglima Sudirman, dan Jalan Trunojoyo. Sebab di tiga ruas jalan itu banyak pohon besar dan berusia tua.
"Karena itu kami imbau warga Kota Batu agar behati-hati ketika berkendaraan. Jangan memarkir kendaraan di bawah pohon besar saat angin kencang,” imbaunya.
Sementara itu, Kepala Seksi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan DPUPR Kota Batu, Munsif Fanani mengungkapkan terdapat 180 pohon rawan tumbang. "Kami telah mendata 180 pohon rawan tumbang itu. Sekarang sedang dilakukan proses pemantauan,” kata dia.
Munsif menjelaskan, penentuan pohon rawan tumbang dan masuk skala prioritas pemantauan berdasarkan sejumlah indikator. Di antaranya tinggi minimal 5 meter, diameter minimal 30 cm, dan mati sejak tiga sampai lima tahun. Dengan kriteria tersebut, tak semua pohon ditebang.
Sebelumnya, kejadian pohon tumbang di Kota Batu karena angin kecang baru saja terjadi pada Minggu (29/9) lalu. Lokasinya di kawasan Payung 2 atau Jalan Trunojoyo. (eri/van)  



Loading...

  Follow Us