Angka Kemiskinan Turun 0,03 Persen | Malang POST

Jumat, 21 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Selasa, 31 Des 2019,

MALANG - Sepanjang tahun 2019, Kota Malang banyak mendapat raihan prestasi melalui beragam inovasi dan kreatifitas. Hal itu pun berimbas dengan banyak program pengentasan kemiskinan.Wali Kota Malang Sutiaji menyebut, tingkat kemiskinan di Kota Malang mengalami penurunan.
“Kemisikinan kita sudah 4,04, turun 0,03 dari tahun sebelumnya yang mencapai 4,79,” kata Sutiaji.
Data tersebut disampaikannya usai melakukan aksi GASS (Gerakan Aksi Sampah dan Sedimen) di lokasi jembatan pasar Gadang. “Yang seperti itu masuk kerak kemiskinan, sudah tidak bisa diberi amunisi apa pun. Harus melalui esekusi sendiri,” ujarnya.
Kemudian, selain kemiskinan juga disebutkannya, iklim investasi di Kota Malang sedang mengalami peningkatan. Meskipun jelang akhir tahun ini, angkanya diketahui sedang banyak menurun.
“Untuk investasi sebenarnya naik, cuma kita lagi prihatin karena cukup banyak ada pengurangan. Tapi kita terus kuatkan UMKM kita dengan AI, agar menjadi pilihan pengusaha untuk quality control,” kata dia.
Tak kalah signifikan dibanding dua isu tersebut, tingkat kesehatan di Kota Malang disebut juga cukup mengalami peningkatan. Hal tersebut ditandi dengan berkurangkan tingkat kematian ibu melahirkan.
“Tahun 2018 itu ada 17, sekarang ini ada 7. Mudah-mudahan sampai dengan akhir tahun 2019 tidak ada bertambah lagi,” ungkapnya.
Sementara itu, menurut data yang diperoleh dari BPS, terdapat perbedaan data dengan apa yang disampaikan oleh Sutiaji khususnya terkait dengan tingkat kemiskinan. Menurut data dari BPS SUSENAS, tingkat kemiskinan Kota Malang justru mengalami peningkatan.
Dari tahun 2018 yang mencapi 4,1 persen, tingkat kemiskinan di Kota Malang pada tahun 2019 meningkat menjadi 4,07 persen. Kemudian masih menurut BPS, untuk pertumbuhan ekonomi Kota Malang tercatat mencapai 5,72 persen.
Namun demikian, terkait dengan capaian layanan kesehatan yang dilihat dari tingkat kematian ibu melahirkan, Kota Malang memang mengalami perbaikan signifikan. Tahun 2019 angka kematian ibu melahirkan mencapai 83,88, sedang tahun 2019 menurun menjadi 58,71.(asa/aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : Inasa



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...