Angin Kencang Kebakaran Hutan Arjuno Makin Meluas | Malang Post

Selasa, 10 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Sabtu, 12 Okt 2019, dibaca : 738 , udi, ira

MALANG – Kebakaran hutan yang terjadi di kawasan Gunung Arjuno mendapat perhatian banyak pihak. Tak terkecuali Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang. Sejak Jumat (11/10) tim TRC BPBD Kabupaten Malang mendatangi lokasi, dan membantu melakukan pemadaman api yang terus meluas.
”Sampai siang hari , tim TRC masih di atas (Lereng Gunung Arjuno) untuk membantu melakukan pemadaman api. Belum padam,’’ kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kabupaten Malang, Abdul Rochim, Sabtu (12/10).
Rochim mengatakan, jika pemadaman api dilakukan sejak titik api muncul kali pertama. Namun, api terus berkobar dan sulit dipadamkan, lantaran banyak pohon kering, dan hembusan angin yang kencang. ”Sejauh ini pemadaman masing menggunakan manual. Harapannya tidak meluas dan cepat di padamkan,’’ ujarnya.
Luas lahan yang terbakar, kata Rochim belum dapat diketahui. Tapi yang jelas api terus menjalar. Bahkan, saat ini kebakaran terjadi di dua titik, yaitu titik pertama area Gunung Mujur Blok Curah Banteng, dan Blok Pusuk Lembu, Karangploso. Dia menegaskan, untuk titik pertama wilayahnya masuk RPH Karangan, Kecamatan Karangploso. Sedangkan di titik kedua masuk wilayah Tahura R.Soerjo, Kecamatan Karangploso.
Pemadaman dilakukan bersama petugas Perhutani Malang, Tahura R.Soerjo, kecamatan Karangploso, anggota TNI/Polri dan para relawan. ”Untuk titik di atas memang lebih mudah. Sementara yang dibawah, karena jurang dan tebing ini yang sedikit susah,’’ ungkapnya.
Rochim mengatakan, sampai saat ini belum diketahui sebab kebakaran di lereng Gunung Arjuno. Namun, kebakaran hutan ini bukan kali pertama terjadi, sudah beberapa kali. Bahkan menurut Rochim di tahun 2019, kebakaran hutan di lereng Gunung Arjuno terjadi lebih dari dua kali. (ira/udi)



Loading...