Malang Post - Anggota Bank Sampah Ikuti Fashion Show

Rabu, 01 April 2020

  Mengikuti :


Anggota Bank Sampah Ikuti Fashion Show

Sabtu, 22 Feb 2020

BATU - Adu kreatif kostum unik berbahan dasar limbah sampah digelar Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Sabtu (22/2) hari ini. Kostum unik ini memeriahkan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020.
Sebanyak 27 peserta berasal dari Bank Sampah di Kota Batu. Mereka adu kreatif mengikuti lomba Fashion Show 'Daur Ulang Sampah' di Dusun Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kota Batu.
"Hingga Jumat (21/2) ini ada 27 peserta lomba Fashion Show 'Daur Ulang Sampah'  mendaftar. Mereka bakal berlenggak lenggok di atas catwalk  dalam menyemarakkan HPSN 2020 Kota Batu," ujar Panitia Songgoriti Goes to Clean, Dwi Harining Setyowati kepada Malang Post.


Ia menerangkan, peserta dinilai juri yang berkompeten. Mereka berasal dari DLH, Among Tani Foundation (ATF) dan akademisi.
Penilaian kostum berbahan dasar limbah sampah mencapai 70 persen. Bahan dasar sampah itu meliputi sampah palstik, kresek, sak semen, koran bekas, hingga botol sekali pakai.
"Selain bahan, selanjutnya juri menilai kreatifitas kostum. Serta tema dan keunikan kostum dari peserta," imbuh Ketua Komunitas Bank Sampah Kartini Sejati (KBSKS) Kota Batu ini.


Selain fashion show, pada hari yang sama  digelar lomba melukis botol bekas oleh ratusan siswa SD se-Kota Batu. Tujuannya, anak-anak mengasah kreatifitas dari barang bekas sejak dini.
Rangkaian HPSN pada Jumat (21/2)  dibuka apel bersama, penanaman pohon, dan kerja bakti di Dusun Songgoriti. Apel dipimpin Wali Kota Batu, Dra. Dewanti Rumpoko M.Si. Forpimda dan masyarakat juga berpartisipasi.
"Penanaman pohon ini bukan hanya simbolis. Karena selama musim hujan sudah beberapa kali dilakukan bersama di beberapa titik rawan longsor," ujar Dewanti.


Menurutnya, penanaman pohon diharapkan Kota Batu jadi kota asri dan bersih. Sehingga orang-orang di Kota Batu bukan karena wisata saja  tetapi karena kebersihan.
"Tidak hanya sampai di sini. Tetapi setiap mayarakat yang akan mengurus administrasi akta kelahiran wajib menaman pohon. Serta setiap Jumat minggu pertama, ASN juga wajib kerja bakti," bebernya.


Selain itu, Dewanti juga akan memviralkan siapa saja yang terekam CCTV  karena membuang sampah sembarangan. Dengan tujuan sebagai efek jera perilaku membuang sampah sembarang tempat.
Sedangkan puncak kegiatan Minggu (23/2) besok, panitia menargetkan 20 ribu peserta berpartisipasi jalan sehat dengan hadiah satu unit mobil Ayla. Selain jalan sehat, ada pemecahan rekor muri makan apel terbanyak dengan dress code putih. (eri/feb)

Editor : Febri Setyawan
Penulis : Kerisdiyanto

  Berita Lainnya





Loading...