Malang Post - Andalkan Pentahelix Jaga Kamtibmas Wilayah

Rabu, 01 April 2020

  Mengikuti :


Andalkan Pentahelix Jaga Kamtibmas Wilayah

Selasa, 05 Nov 2019

MALANG - Sinergi menjadi kunci utama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Kota Malang. Hal ini ditegaskan Wali Kota Malang Drs H Sutiaji dalam Forum Kordinasi dan Sinkronisasi "Peningkatan Bimbingan Masyarakat dalam Upaya Pencegahan Gangguan Kamtibmas" di Hotel Harris Malang, Selasa (5/11).
"Kami menerapkan dan selalu melakukan sistem pembangunan dengan pendekatan Pentahelix. Tidak hanya pemda dan aparat penegak hukum saja seluruh komponen masyarakat bergerak melakukan pembangunan dengan sinergi," tegas Sutiaji dalam forum yang diselenggarakan Kementrian Kordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI (Kemenkopolhukam).
Dijelaskannya, pendekatan pembangunan pentahelix tersebut digalakan dalam setiap aspek pembangunan maupun penyelesaian masalah yang muncul di daerah. Dengan pendekatan ini pembangunan akan senantiasa mengedepankan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan di Kota Malang, sesuai peran masing-masing.
Sutiaji tidak memungkiri, kebanyakan gangguan yang terjadi di Kota Malang berasal dari isu-isu SARA. Beberapa kejadian memperlihatkan hal tersebut beberapa waktu lalu akan tetapi segalanya dapat diatasi karena seluruh komponen masyarakat tadi bersatu. Menjaga kondusifitas daerahnya.
"Namun demikian hal ini tidak akan lepas dari perhatian. Pemda terus mengedepankan peran masyarakat lebih banyak untuk meningkatkan kewaspadaan. Salah satunya dari hoax," jelas Sutiaji lagi.
Lebih dari 40 persen penduduk Indonesia membaca hoax yang ada di media sosial, lanjut Sutiaji. Termakannya pikiran penduduk akan informasi hoax dikatakan Sutiaji sebagai salah satu tidak siapnya mental penduduk akan era digital.
Itulah mengapa Kota Malang mengedepankan pembangunan berbasis smart city atau hal-hal berkaitan dengan peningkatan ekonomi kreatif. Hal ini diyakininya menjadi tameng warga akan isu isu yang menimbulkan ancaman disintegrasi bangsa.
Sementara itu Asdep I/V Kemenko Polhukam Brigjend TNI Gamal Haryo Putro mengatakan, Kota Malang dengan sinergitas yang kuat, menjadi wilayah yang cocok untuk dijadikan contoh. Inilah mengapa Kota Malang menjadi salah satu kota yang  ditunjuk mengadakan liga basket yang akan didukung oleh NBA, Desember mendatang.
"Ya untuk meningkatkan kamtibmas tidak melulu dilakukan kegiatan sosialisasi, kami pikir olahraga akan lebih baik. Karena dalam berkompetisi di olahraga semua orang akan menyatu. Semua bisa disatukan dalam olagraga," jelas Gamal. (ica/aim)

Editor : aim
Penulis : sisca

  Berita Lainnya





Loading...