MalangPost | Alhamdulillah, Mahasiswa UB Sudah Sembuh dari Virus Corona

Sabtu, 06 Juni 2020

  Mengikuti :


Alhamdulillah, Mahasiswa UB Sudah Sembuh dari Virus Corona

Selasa, 24 Mar 2020, Dibaca : 1257 Kali

MALANG - Satu pasien positif Covid-12 asal Kota Malang dinyatakan sembuh dan sudah dipulangkan. Ia adalah mahasiswa Fakultas Teknik UB, yang telah menjalani perawatan intensif di RS Saiful Anwar sejak pekan lalu. Pasien berumur 21 tahun ini sudah pulang ke rumahnya sejak Sabtu (21/3).


Sesuai hasil uji lab terakhir, ia dinyatakan tidak lagi mengidap virus Covid-19. Dan sejak dirawat intensif, kondisi klinis pasien ini terus membaik. Direktur Utama RS Saiful Anwar DR. dr. Kohar Hari Santoso, Sp. AN. KIC, KAP membenarkan hal ini saat dikonfirmasi.
Ia menjelaskan, RSSA telah memulangkan tiga pasien yang kondisinya sudah membaik. Termasuk mahasiswa UB, karena secara fisik dan klinis dia baik. Dari tiga pasien itu, dua di antaranya negatif Corona.
Meski dinyatakan sembuh dan telah dipulangkan, pihaknya meminta pasien dan keluarganya agar tetap mengisolasi diri. Serta membatasi interaksi sementara dengan masyarakat sekitar. Demi masa pemulihan secara total.
“Sudah sembuh, artinya dia secara klinis baik. Tapi dalam masa pemulihan di rumah, masih harus mengurangi interaksinya. Dan masyarakat tidak perlu takut dan menstigma lalu melakukan blokade rumahnya. Jangan sampai seperti itu,” jelas Kohar.


Pihaknya akan tetap melakukan pemantauan dan meminta self-isolation atau isolasi diri, karena masih dalam pemulihan dan tidak ada potensi menularkan yang lain.
Dan dalam fase penyembuhan, harus didampingi keluarganya. Perlu diperhatikan pula saat menerima tamu jangan sampai berkerumun juga bagi mereka yang mau menjenguk. Karena jika kondisi kecapekan maka siapapun bisa menjadi rentan kondisi imun tubuhnya.
Terpisah, Juru bicara Satgas Covid 19 Kota Malang, dr. Husnul Muarif juga menegaskan kabar ini. Ia menegaskan PDP positif yang dirawat di RSSA telah dinyatakan sembuh.
"Hasil pemeriksaan laboratorium sudah kami dapatkan dan ditegaskan bahwa PDP atas nama Rz yang sebelumnya dinyatakan positif,  telah dinyatakan negatif,  artinya sembuh total,” tegas Husnul.  


Menanggapi hal ini pula Wali Kota Malang Sutiaji turut mengungkapkan kebahagiaannya. Melalui Kepala Bagian Humas Kota Malang M. Nur Widianto ia turut mengucapkan syukur. Ia pun tetap berpesan agar setiap orang untuk tetap waspada dan menjaga kesehatan secara mandiri.
“Kita patut bersyukur. Kabar ini memberikan rasa optimisme, bahwa corona bisa disembuhkan. Kata kuncinya adalah membangun imune (daya tahan tubuh) serta sementara waktu membatasi beraktifitas di luar rumah,” pungkas Sutiaji.


Memang sesuai data pada pukul 13.00 WIB, 23 Maret 2020, pasien PDP berinisias Rz dinyatakan sembuh. Sehingga PDP di RSSA tinggal satu orang, karena yang satu) PDP atas nama Hs telah meninggal dunia. Kabar menggembirakan berikutnya, satu PDP yang berada di RST juga dinyatakan sembuh dan telah pulang. Namun pada saat yang sama ada satu tambahan PDP yang masuk di RKZ (RS Panti Waluyo) sehingga dengan demikian total PDP kota menjadi 6 orang.(ica/ary)

Editor : Bagus Ary Wicaksono
Penulis : Francisca Angelina