Ajak Kader PKK Cetak Generasi Emas | Malang Post

Jumat, 15 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Sabtu, 09 Nov 2019, dibaca : 243 , aim, ira

MALANG – Kondisi kesehatan dan perilaku ibu hamil mempengaruhi tumbuh kembang jasmani dan rohani janin. Begitu juga, saat ibu hamil kerap mendapatkan kekerasan akan sangat berpengaruh pada tumbuh kembang janin.
Hal itu yang dikatakan Ketua Pokja I Tim Penggerak PKK Kabupaten Malang, Dewi Suwadji, saat memberikan materi pola asuh anak dan remaja dalam kegiatan pelatihan kader kelompok PKK Dasa Wisma, PKK RT, Rw dan Dusun di Kecamatan Pakis, beberapa waktu lalu. Dikatakannya, seorang ibu hamil harus betul-betul menjaga kondisi kesehatan. Tidak hanya ibunya, tapi juga sang buah hati yang dikandung.
”Pola asuh anak ini ada beberapa tahapan yang dimulai dari dalam kandungan. Oleh karena itu, ibu-ibu yang sedang hamil harus memperhatikan betul kondisi janinnya. Sehingga saat lahir, sang buah hati menjadi anak yang baik dan membanggakan orang tua’’ kata Dewi kepada Malang Post.
Dijelaskannya, pengasuhan anak usia dini pun jauh lebih penting, untuk menciptakan SDM yang unggul. Pengasuhan anak usia dini dikatakan Dewi melalui pemberian ASI eksklusif dan makanan bergizi seimbang. ”Ini paling penting, anak diberi perhatian, kasih sayang dan stimulasi yang tepat. Contohnya menyangi, berbicara dan membaca,’’ tambah Dewi.
Dia mengatakan, di usia dini anak belajar meniru kapa yang dilakukan orang lain, terutama orang paling dekat. Dengan begitu, di hadapan para pengurus PKK se Kecamatan Pakis, Dewi menekankan agar orang tua pun memberikan contoh paling baik.
”Kalau orang tuanya sering main HP, anak-anak pasti meniru. Begitu juga saat orang tua berkata kasar, anak-anak pun akan menirunya. Lalu bagaimana mengatasinya? Adalah orang tua harus mengerem, yaitu tidak terus menerus bermain hanphone di hadapan anak. Mengajari anak dengan kegiatan-kegiatan positif dan lainnya. Sehingga pola pikir anak pun berkembang dan menjadi pribadi yang lebih baik,’’ ungkapnya,
Pengasuhan anak ini tidak hanya dilakukan pada saat kandungan, dan sang anak berusia dini. Usia remaja pun pengasuhan terhadap anak harus dilakukan. Dia mengaku, di usia anak masuk remaja, maka sang anak pun mulai melakukan hal-hal baru. Tidak jarang menurut Dewi anak memiliki sikap menentang. Tapi itu dapat diantisipasi saat orang tua memberikan perhatian penuh, dan pendekatan kepada sang anak.
”Pada intinya adalah komunikasi dan perhatian, dan kasih sayang  harus terus dijaga,’’ ungkapnya.
Indah, salah satu pengurus PKK Kecamatan Pakis mengatakan, kegiatan sosialisasi ini merupakan program kerja PKK Pakis. Kegiatan ini dilakukan untuk penguatan kader PKK. Saat para anggota PKK terjun ke masyarakat pun dapat menularkan ilmu yang sudah diperoleh. ”PKK ini memiliki peran penting di masyarakat. Sehingga saat pengurus mendapatkan materi disini, diharapkan saat terjun ke masyarakat, ilmu yang sudah diperoleh ini ditularkan dan diterapkan,’’ katanya.(ira/aim)



Loading...