Ajak Anak TK Berekspresi dan Berkreasi - Malang Post

Sabtu, 23 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Senin, 14 Okt 2019, dibaca : 207 , rosida, imam

MALANG - Ratusan siswa TK berekspresi dalam  perlombaan yang digelar SDK Mardi Wiyata 2 Unit Jalan Semeru. Dalam sebuah event kreatifitas bernama One Day In SDK Mardi Wiyata 2, para peserta yang berasal dari beberapa TK di Kota Malang ini diberikan kesempatan untuk berkreasi.
Tiga lomba yang digelar antara lain lomba futsal, mewarna dan komputer. Lomba futsal menjadi lomba yang terlihat paling heroik. Para pemainnya yang masih polos dengan tingkah lucunya di lapangan membuat penonton terus menerus bersorak dan heboh sendiri di pinggir lapangan.
Mereka terlihat girang saat menyaksikan anak-anaknya bermain futsal di lapangan SDK Mardi wiyata 2. Aksi para penonton yang mayoritas ibu-ibu tersebut untuk mendukung dan memberikan semangat pada anak-anaknya.
Melihat aksi para pemain dan suporter tim, Kepala SDK Mardi Wiyata 2, Albertus Sukatno, S.Ag turut memberikan komentar.
"Seru ya, penontonnya juga heboh," ujarnya di pinggir lapangan.
Sebelum perlombaan dimulai kegiatan One Day In SDK Mardi Wiyata 2 diawali dengan upacara pembukaan. Selanjutnya lomba futsal dibuka secara resmi dengan tendangan ke gawang oleh Kepala SDK Mardi Wiyata 2.
Sementara lomba futsal bergulir, lomba mewarna dan komputer juga dilangsungkan di waktu yang sama. Lomba komputer dilaksanakan di lab komputer SDK Mardi Wiyata 2. Sedangkan lomba mewarna di Aula sekolah. Dalam lomba komputer siswa peserta lomba membuat desain. Salah satunya menyusun gambar seperti puzzle. Pada lomba ini, terlihat para peserta begitu cekatan menyusun gambar. Terbukti lomba tidak berlangsung lama. Tidak sampai 15 menit perlombaan sudah selesai.
Sukatno mengatakan, pengenalan bidang IT perlu dilakukan pada anak usia dini. Kemajuan teknologi di era saat ini semakin meningkat. Maka lembaga pendidikan harus menyesuaikan terhadap kemajuan yang terjadi.
"Sekaligus kami ingin mengenalkan bahwa di SDK Mardi Wiyata 2 juga melaksanakan pembelajaran berbasis digital," katanya.
Ia menuturkan, tiga bidang lomba yakni futsal, mewarna dan komputer merupakan perlombaan yang melibatkan berbagai olah diri. Yaitu olahraga, olah pikir, olah rasa dan olah hati.

Bagi anak yang dalam proses perkembangan seluruh kemampuan tersebut perlu dilakukan. Dengan tujuan agar seorang anak atau siswa berkembang dengan potensi yang seimbang. Baik secara fisik, mental dan intelektual.
"Salah satu tujuan dari kegiatan ini sebagai momentum untuk mengembangkan potensi anak TK sekaligus sebagai penjaringan bakat dan minat mereka," terangnya.
Sukatno menambahkan bahwa perlombaan dalam One Day In SDK Mardi Wiyata 2 sebagai upaya merealisasikan visi misi yayasan Mardi Wiyata yang dirumuskan dalam 3P. Yaitu pelayanan, penampilan dan prestasi. "Artinya kegiatan ini merupakan bentuk dari realisasi yayasan yang diturunkan ke masing-masing unit kerja. Kami ingin lebih memfokuskan itu, sehingga motto sekolah kami menjadi prestasi harga mati," tuturnya.
Perlombaan dalam One Day In SDK Mardi Wiyata 2 menghasilkan para juara. Juara 1 lomba futsal diraih oleh TK Muhammadiyah, juara 2 TK At-Tibyan, juara 3 TK Kemala Bhayangkari dan juara 4 TK Pembina 2 Malang.  
Adapun lomba mewarna juara 1, 2 dan 3 diborong oleh siswa dari TK Taman Harapan. Sedangkan lomba komputer kreatif, juara 1 diraih oleh siswa TKK Mardi Wiyata, juara 2 TK Charis dan juara 3 TK Taman Harapan. (imm/oci)



Loading...