Tak Grogi di Hadapan Slemania


SLEMAN - Arema FC harus mendapatkan tantangan tambahan untuk bisa melewati laga perdana Liga 1 2019. Melawan tim PSS Sleman, Dendi Santoso dkk harus bisa mengatasi rasa grogi ketika mendengarkan dukungan dari suporter tuan rumah, baik Slemania atau Brigade Curva Sud (BCS) Sleman. Yang tak kalah semangat dan antusiasnya memberikan dukungan kepada tim pujaan mereka, layaknya Aremania.
"Saya tahu mereka (suportes PSS). Saya tahu mereka selalu ada di belakang tim untuk memberikan dukungan," ungkap Pelatih Arema, Milomir Seslija.
Menurut dia, dukungan suporter PSS itu kali pertama dia ketahui di tahun 2016 lalu. Kala itu, di ajang Bali Island Cup dia sudah melatih Arema saat bertemu tim Super Elang Jawa. Meski bertanding di Bali, pendukung PSS rela mengeluarkan budget tinggi dengan naik pesawat menuju Pulau Dewata.
"Saya tahu mereka sejak di Bali dulu. Mereka pendukung yang luar biasa dan bisa menjadi kekuatan atau motivasi tambahan bagi PSS apalagi ketika bermain di kandang sendiri," beber dia kepada Malang Post.
Namun, ada yang membedakan suporter PSS dan Arema. Dia mengetahui bila beberapa suporter terjun dalam politik klub dengan memberikan intervensi yang dia anggap berlebihan.
Pelatih dengan sapaan akrab Milo itu tampaknya mengetahui ketika beberapa saat lalu suporter sempat boikot untuk datang ke stadion. Terlepas apa permasalahannya, dirinya melihat hal itu menjadi perbedaan antara suporter PSS dan Aremania.
"Terkadang mereka berlebihan. Bila ada problem, sebaiknya berbicara baik kepada pemain, seperti Aremania. Suporter melakukan tugasnya dengan baik, pemain juga, official dan pelatih bekerja tanpa intervensi dan membuat kami percaya diri," papar dia.
Menurutnya, pemain bisa kehilangan semangat, malas-malasan dalam bermain ketika kehilangan dukungan.
Sementara itu, ia meyakini Aremania tidak akan kalah memotivasi Arema malam ini. Meski hanya mendapatkan kuota 2.000 lembar tiket, dirinya percaya suara Aremania tidak akan kalah.
"2.000 suporter Arema, akan sangat keras mendukung kami dan menimbulkan semangat luar biasa bagi pemain. Tidak masalah meski hanya sejumlah itu, tetapi kehadiran mereka di stadion sudah sangat besar bagi tim," tandas dia. (ley/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :