Soroti Kinerja Wasit


 
MALANG - Kinerja wasit Handri Kristanto, yang menjadi pengadil pertandingan Arema FC melawan Persib Bandung, Minggu (15/4) malam menjadi sorotan. Tim Arema khususnya, merasa jika wasit merugikan Arema dan bahkan menjadi salah satu pemicu tingginya tensi pertandingan yang berujung pada kericuhan di laga pekan ke empat tersebut.
"Saya mau bilang kalau gol kedua Persib dicetak wasit. Tulis itu Dule yang bilang," ujar Pelatih Fisik Arema Dusan Momcilovic.
Dia seolah menyindir bagaimana wasit yang membiarkan Persib terus memainkan bola, padahal ada Ahmet Atayev yang terjatuh usai berebut bola dengan Jonathan Baumann dan beberapa pemain Arema melakukan protes. 
Gol tersebut membuat Persib berbalik unggul atas tuan rumah dan pendukung Arema mulai geregetan. Aremania pun mulai melakukan pelemparan, karena ada keputusan berikutnya yang di luar dugaan, saat Dedik Setiawan mendapatkan kartu merah tanpa peringatan. Dalam tayangan ulang terlihat siku Dedik mengenai pemain area leher pemain Persib 
Sejak saat itu, Aremania mulai melakukan pelemparan ke arah lapangan. Beberapa dari mereka juga berusaha turun ke lapangan, namun berhasil dihalau oleh petugas keamanan. 
Hal tersebut dianggap sebagai salah satu faktor tidak terbendungnya kemarahan suporter yang akhirnya masuk ke lapangan. Selain faktor keinginan Aremania pada tim Arema untuk bangkit dan bisa meraih kemenangan. 
Pihak Arema FC sendiri sudah memberikan laporan terkait kinerja wasit. Kronologi kejadian mengenai jalannya pertandingan dan pemicu kericuhan, sudah disampaikan. Begitu juga mengenai penilaian form performa wasit.
"Dalam laporan form performa itu kami beri keterangan untuk second opinion mengenai kinerja wasit," papar Media Officer Arema, Sudarmaji.
Ia mengatakan, penilaian itu bukan untuk mengubah hasil pertandingan. Arema ingin memastikan jika pengadil, nantinya adalah sosok yang kompeten, apalagi dalam pertandingan bigmatch Sejatinya, dari track record Handri, cukup bagus di sepak bola Indonesia. Tahun 2016, dia termasuk satu dari enam wasit berlisensi FIFA di Indonesia. Lalu, dia juga pernah dinobatkan sebagai wasit terbaik ISL di tahun 2014. (ley)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...