Persebaya Tanpa Diperkuat Sang Kapten


MALANG – Meski Persebaya baru saja memecat pelatihnya Djadjang Nurjaman dan digantikan asistennya Bejo Sugiantoro, mereka tetap membawa optimisme tinggi. Bertanding di Malang menghadapi Singo Edan, Kamis (15/8) sore, tim kebanggaan Bonek ini mengaku tetap “wani”.
Bahkan Osvaldo Haay dkk membawa keyakinan 100 persen untuk bisa membawa kemenangan di kandang Arema, Stadion Kanjuruhan, Kepanjen. Sekalipun, dalam laga ini harus bertanding tanpa kapten tim, Hansamu Yama Pranata.
“Kalau ada (keyakinan) 100 persen, kenapa harus 50 persen?,” ujar Bejo Sugiantoro, menanggapi pertanyaan berapa persen keyakinan Persebaya untuk bisa menang di Malang.
Hanya saja, menurut Bejo, dirinya tidak bisa bekerja sendiri untuk mewujudkan hal tersebut. Seluruh elemen tim harus bekerja sama, demi mewujudkan target kemenangan.
“Saya bukan malaikan, saya bukan one man show juga. Saya sebagai caretaker (pelatih sementara), pelatih muda, memiliki staf kepelatihan. Ada manajemen untuk membantu membangun tim ini,” beber dia.
Menurutnya, Persebaya mencoba membangun suasana yang bagus melawan Arema. Mereka ingin membuat pertandingan yang menarik, bermain sesuai ciri khas Persebaya dan bisa mengaplikasikan apa yang sudah dilatihkan dalam pertandingan sore ini.
“Kami datang ke sini dengan tujuan menang. Kami ingin bisa berbuat lebih di sini (menang), agar laga selanjutnya saat kami di sini lebih mudah,” ungkapnya.
Persebaya sendiri kali terakhir mendapatkan poin kala away ke markas Arema, pada April 1998 atau 21 tahun yang lalu. Selebihnya, tim Bajul Ijo harus pulang dengan kekalahan.
Akan tetapi, perjuangan Persebaya untuk bisa mendapatkan poin, bukan hal yang mudah. H-2 jelang pertandingan, mereka dipastikan kehilangan Hansamu Yama. Stopper yang mendapatkan kartu kuning dan kartu merah saat melawan Persipura Jayapura, beroleh satu hukuman tambahan.
“Persebaya bermain dengan 11 pemain, ada starting eleven, ada pengganti. Kami dibentuk dengan 27 pemain dengan kompetisi yang panjang. Mereka siap tampil sebagai starter di setiap laga. Kalau ada yang absen, Hansamu, akan ada penggantinya yang siap,” terang dia. (ley/jon)