Dua Minggu Lagi, Gladiator


MALANG - Arema FC telah menuntaskan seluruh pertandingan babak penyisihan Grup E di Piala Presiden 2019. Hasil kurang maksimal dengan satu kekalahan saat beberapa pemain inti absen, ditambah dengan tidak maksimalnya performa pemain asing seperti Robert “Gladiator” Lima dan Pavel Smolyachenko, langsung dievaluasi manajemen. Mereka pun memberikan batas waktu sekitar dua pekan atau sampai laga delapan besar Piala Presiden 2019.
General Manager Arema, Ruddy Widodo mengakui, manajemen tidak menutup mata dengan performa tim selama babak penyisihan. Antisipasi pun telah dilakukan, bila memang tim membutuhkan pergantian atau tambahan pemain.
"Sebenarnya, kami tidak menunggu kalah, lalu evaluasi. Sebab, tim ini juga sudah dianalisa memiliki PR sebelum mengikuti kompetisi," ujar Ruddy.
Menurut dia, pekerjaan rumah yang dimaksud adalah memadukan pemain. Hal itu akhirnya kembali masuk menjadi bagian evaluasi dari sisi pemain.
"PR tim ini dari awal adalah memadukan pemain asing, siapapun itu dengan pemain yang tidak mengalami banyak perubahan dibanding musim lalu. Nah, itu tugas pelatih, dengan adanya pemain asing saat ini," ungkapnya.
Dia mengatakan, tidak masuknya Robert dalam line up adalah bagian dari evaluasi. Akan tetapi, manajemen dan tim pelatih masih memberikan kesempatan sebelum keputusan final digedok.
"Kami masih ingin tahu, apakah pemain asing khususnya, kualitasnya tidak masuk dalam grade Arema atau karena memang belum tune in, belum sesuai dengan konsep tim," papar dia kepada Malang Post
Pria asal Madiun itu menyampaikan, tenggat waktu yang diberikan sampai babak delapan besar Piala Presiden. Akan tetapi, bila pelatih bisa memutuskan lebih cepat, manajemen siap mengeksekusinya.
"Harapan di manajemen, di delapan besar nanti sudah kelihatan. Apalagi setelah penyisihan selesai kan ada jeda sekitar sepuluh hari. Bila disana pelatih sudah punya keputusan, tidak masalah," terang dia.
Yang jelas, menurut Ruddy, manajemen tidak akan membongkar demi mempertahankan satu dua pemain. "Intinya, kira-kira Robert ini bisa dipertahankan atau tidak. Sedangkan untuk masalah selanjutnya cadangan bisa diupgrade atau tidak," tambah dia.
Menurut dia, untuk saat ini dua hal tersebut yang menjadi evaluasi dari sektor pemain. Sedangkan berikutnya, dia tidak mengelak juga sudah berbincang dengan tim pelatih untuk evaluasi dari sektor kepelatihan.
"Misalnya cara melatih, hingga bagaimana latihan bisa membawa para pemain merasa senang menjalani latihan," pungkas dia. (ley/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :