Bantai Persita 6-1, Arema Tunggu Keajaiban Fase Grup


MALANG - Arema FC berhasil menutup babak penyisihan Grup E Piala Presiden 2019 dengan pesta gol. Tim Singo Edan menunjukkan hasrat mereka untuk membuka peluang lolos ke babak delapan besar. Berebut tiga runner-up terbaik dari lima grup. Hasilnya, Hamka Hamzah dkk mampu menang dengan skor telak 6-1 atas Persita Tangerang, di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Rabu (13/3) malam.
Pesta setengah lusin gol Arema ke gawang Persita yang dikawal Anas Fitrianto dicetak oleh Makan Konate (32'), Ricky Ohorella (45'), Hendro Siswanto (61'), Arthur Cunha (66'), Hamka Hamzah (72') dan Ricky Kayame (90'). Sementara, gol balasan Persita dicetak oleh Henry Rivaldi di menit 83'.
Dalam laga Arema harus mengawali laga dengan tekanan usai kalah dari Persela di match kedua. Harapan Arema untuk lolos otomatis pun pupus, karena Persela telah menyegel tiket ke delapan besar karena bermain imbang 1-1.
Arema pun sempat kesulitan menjebol gawang Persita. Meski langsung tancap gas melancarkan serangan, sampai menit 31 tidak ada gol tercipta. Banyak peluang gagal, mulai dari Ahmad Nur Hardianto, Dendi Santoso, hingga Hendro Siswanto.
Baru di menit  32, gol tercipta melalui sepakan bebas Makan Konate. Setelah itu berkali-kali Arema menyerang, hingga akhirnya gol kedua tercipta melalui Ricky Ohorella di menit 45.
Begitu babak kedua dimulai, Dendi Santoso dkk langsung menggebrak pertahanan Persita. Namun, kali ini, sang lawan tak mau diam dan dijadikan bulan-bulanan begitu saja. Melalui serangan balik, tim besutan Widodo C. Putro tersebut coba memperkecil ketertinggalan mereka.
Upaya Persita nyaris berbuah pada menit 57, memanfaatkan kesalahan Kartika Ajie dalam menghalau sepakan bebas pemain Persita. Namun, barisan belakang Arema sigap menghalau bola keluar dari kotak penalti mereka.
Menit 60, Arema mendapat peluang melalui sepakan Ridwan Tawainella. Namun, Annas masih sigap menghalau bola yang mengarah ke gawangnya. Diserang terus menerus, gawang Annas akhirnya kembali bobol pada menit 62. Memanfaatkan umpan matang Konate, Hendro menceploskan bola ke gawang yang sudah kosong.
Mereka terus menggempur pertahanan Persita. Sepak pojok Makan Konate disambut sundulan Arthur Cunha di menit 66 dan bola pun melesak ke gawang Annas Fitranto.
Arema akhirnya mencetak gol kelima mereka pada pertandingan ini. Meneruskan umpan Dendi Santoso, Hamka Hamzah menyundul bola ke gawang Persita. Kali ini, Annas Fitranto tak bisa berbuat banyak mengantisipasi bola yang meluncur deras ke gawangnya.
 Persita sempat memperkecil ketinggalan pada menit 83. Memanfaatkan bola liar, Henry Rivaldi menceploskan bola ke gawang Arema yang sudah tak terkawal.
Jelang laga usai, Ricky Kayame menambah keunggulan Arema. Ia memungkasi aksi individunya mengecoh pertahanan Persita dengan sepakan keras ke gawang Persita.
Usai laga, Pelatih Arema Milomir Seslija mengatakan, timnya lega bisa menang. Dia percaya kemenangan karena banyak hal. Selain kerja keras pemain, juga bantuan Tuhan yang memberikan kemenangan.
"Kami tidak mudah untuk kembali setelah tampil buruk sebelumnya. Malam ini semua benar-benar memaksa untuk bisa kembali meraih kemenangan. Semua pemain akhirnya main bagus dan saya percaya, kemenangan ini juga karena Tuhan memberikan kemenangan," urai dia.
Milo mengakui demikian, pasalnya tim Arema memang patut berserah kepada Tuhan. Sudah tidak bisa lolos dengan status juara grup, lolos dengan posisi runner-up pun sangat berat. Arema harus bersaing dengan grup lain.

Berita Terkait

Berita Lainnya :