Marhaban Ya Ramadan, Bulan Penuh Rahmat


MALANG - Marhaban Ya Ramadan 1440 H. Hari ini, umat Islam sedunia melaksanakan ibadah puasa Ramadan selama satu bulan penuh, termasuk umat Islaam di Kota Malang. Wali Kota Malang H. Sutiaji berharap,bulan puasa harus menjadi momentum pemersatu umat muslim.
Dalam bulan ini selain beribadah, umat muslim juga dilatih untuk saling menghormati. Satu sama lainnya saling menghormati dan menghargai. Puasa adalah kewajiban yang harus dilaksanakan orang beriman, seperti dalam firman Allah SWT, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183).
“Kota Malang adalah kota yang kerukunan umat beragamanya menjadi salah satu yang terbaik. Umat beragama yang kondusif. Agama membingkai hidup rukun bukan kacau atau membuat kacau kehidupan," kata Sutiaji.
Sebagai bulan yang penuh rahmat dan ampunan serta kasih sayang ini, orang nomer satu di Pemkot Malang ini mengajak umat Islam khususnya, untuk melaksanakan ibadah puasa serta  ibadah lainnya dengan baik.
Dia juga mengimbau masyarakat untuk saling menjaga toleransi dan kondusifitas selama pelaksanaan ibadah puasa. Selama bulan Ramadhan umat Islam akan melaksanakan ibadah puasa. Oleh karena itu, tempat hiburan akan ditutup. Sedangkan untuk warung dan restoran harus menaati pengumuman tentang menyambut dan menghormati bulan suci Ramadhan 1440 H.
“Karena ini sudah seperti biasa setiap bulan Ramadan, para pelaku usaha di Kota Malang sudah memahaminya,” terangnya.
Ditambahkannya,  jika puasa adalah ibadah yang rahasia, karena berbeda dengan ibadah lain yang nampak, seperti salat dan haji, justru puasa yang mengetahui adalah hamba dengan Allah.
“Karena itu mari kita tingkatkan ibadah di bulan suci Ramadan yang penuh berkah ini,” ungkap Sutiaji.
Dijelaskan pula, puasa juga mengajarkan kepada manusia agar bisa tepat waktu, karena selama satu bulan umat muslim diajarkan untuk sahur dan berbuka sesuai dengan ajaran dalam agama.
“Selain itu puasa juga mengajarkan kita untuk meningkatkan etos kerja,” imbuhnya. (aim/*/hms)

Berita Terkait

Berita Lainnya :