ACT Geber Tasyakuran Idul Adha


MALANG - Hari Raya Idul Adha tahun ini, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Malang memberikan sesuatu yang berbeda. Minggu (11/8), bertempat di Sirkuit Latihan Crosser, Wonokoyo, Kota Malang, mereka menggelar tasyakuran dengan menggandeng stakeholder. Selain melakukan penyembelihan hewan kurban, ada prosesi masak dan makan bersama.
Branch Manager ACT Malang, Diki Taufik Sidik mengungkapkan, tahun ini, ACT menggelar program Dermawan Berkurban dengan tagline Berkahnya Bahagiakan Dunia. Menurutnya, saat ini banyak dermawan yang menyisihkan sebagian rezekinya untuk berkurban melalui ACT.
"Untuk wilayah Malang Raya, ada sekitar 30 kambing yang terkumpul. Nantinya, akan didistribusikan kepada masyarakat sekitar," jelas dia.
Dalam kegiatan tersebut, ia juga melibatkan masyarakat dan relawan yang kebanyakan merupakan mahasiswa. Mereka bergotong-royong untuk melakukan penyembelihan, mengemas daging dan memasak bersama.
"Dari hasil penyembelihan, sekitar lima ekor kambing akan kami gunakan untuk tasyakuran dan makan bersama. Sisanya, kami akan bagikan daging mentah ke masyarakat sekitar," kata dia.
Untuk satu ekor kambing akan dibagikan kepada 20 Kepala Keluarga (KK). Bahkan, wadah untuk memberikan daging juga dikemas berbeda.
"Sesuai aturan pemerintah, kami menggunakan besek untuk membagikan daging. Selain itu, juga memberdayakan para perajin," lanjut Diki.
Tasyakuran tersebut juga dilakukan untuk merangkul masyarakat yang kurang beruntung di sekitar kawasan pinggiran kota. Sekaligus, mengajak masyarakat yang mampu untuk memahami keterbatasan dan lebih memperhatikan mereka.
"Sehingga, masyarakat yang sedang kekurangan merasa tidak sendirian dan banyak yang memperhatikan. Misi kami, bagaimana caranya mereka ini mendapat pertolongan," jelas dia.
Acara tersebut sekaligus sebagai salah satu bentuk refleksi pasca Pemilu 2019 lalu. "Kami juga ingin eratkan kembali pemerintah, pihak swasta dan organisasi agar kembali gayeng," tandas dia.(tea/adv/jon)

Berita Terkait