Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Cek Kondisi Harga Sembako, Pemkot Malang Sidak ke Pasar

Malang Post –  Menjelang Liburan Nataru (Natal dan Tahun Baru), Pemerintah Kota (Pemkot) Malang meninjau beberapa lokasi, salah satunya di Pasar Klojen, Senin (13/12/2021). Harga kebutuhan pokok naik bervariatif, akan tetapi masih dalam batasan terkendali.

Walikota Malang, Drs H Sutiaji dalam sidaknya ke Pasar Klojen bersama rombongan berkeliling sesekali berbincang-bincang dengan pedagang. Beberapa komoditas yang naik adalah tepung, cabai rawit, kentang, hingga gula merah. Kenaikan bukan hanya karena ketersediaan, namun juga terkendala akses distribusi.

Baca Juga ----------------------------

“Tapi masih terkendali lah, artinya kenaikan bukan karena menyongsong Nataru saja. Tetapi karena tumbuhnya sudah mulai, hanya daging stabil. Masih diangka Rp120 ribu,” ucapnya.

Ia  menyebut, ketersediaan sudah bagus, tinggal problemnya tadi sudah diantisipasi adanya ketersediaan barang. Selanjutnya keterjangkauan harga juga keterjangkauan transportasi. Ketika tidak terjangkau bisa menambah harga, Sutiaji mencontohkan saat sidak ada gula merah naik signifikan, karena tidak ada keterjangkauan transportasi.

“Dulunya produsennya Lumajang, kesininya dulu lewat Dampit sana. Karena ada jembatan yang terputus, maka lewatnya muter Probolinggo kesini, jadi coastnya bertambah,” tuturnya kepada reporter City Guide 911 FM.

Komoditas yang stabil di antaranya daging untuk rawon, telur kampung. Sementara untuk komoditas minyak goreng mengalami kenaikan bukan hanya di Malang, tetapi juga bersifat nasional. Sehingga daerah-daerah termasuk Malang mencoba menekan pemerintah pusat untuk membagi porsinya antara ekspor dan mencukupi kebutuhan dalam negeri.

Baca Juga ----------------------------

“Karena kalau minyak barangnya lebih mahal di pasar internasional ketimbang di nasional. Biayanya banyak yang dikeluarkan, sehingga ketersediaan (barang) di daerah kurang,” lanjutnya.

Pemkot Malang berupaya menekan harga, tetapi tetap kembali menunggu dari pusat. Pihaknya sudah menginformasikan ke pusat, sudah berkali-kali mengusulkan bahwa negara harus hadir.

Sutiaji menyebutkan, bangsa ini dikuasi oleh pasar, sementara negara dikuasai oleh pemain-pemain pengusaha besar. Berbeda jika hasil petani diambil langsung oleh negara dengan harga yang standar, kemudian dijual dipasar akan membuat harga stabil.

“Saya mohon minyak pengendaliannya, okelah ekspor nanti devisanya naik, tapi rakyat kita ngambil semakin kasihan harganya semakin tinggi,” jelasnya.

Baca Juga ----------------------------

Sementara itu, salah satu pedagang di Pasar Klojen, Suyatmi menjelaskan, harga cabai rawit mengalami kenaikan. Hal itu disebabkan karena cuaca yang tidak menentu, membuat produksi cabai rawit menurun.

“Sebelumnya masih diharga Rp70 ribu dari tengkulak, saya jual Rp80 ribu per kilo. Kalau cabai rawit yang bagus saya jual Rp100 ribu per kilo,” kata dia.

Selain cabai rawit, dirinya menyebutkan ada sayur-mayur ikut merangkak naik. Di antaranya kentang, tomat, dan sayur-mayur lainnya.

“Pembeli ya jadi kurang, begini banyak yang saya jual itu tidak semua laku sekarang,” tukas dia. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Pendidikan

Malang Post – Kemendikbud Ristek Dikti mengirimkan sejumlah peralatan digital, terdiri satu set V-Con lengkap dan 35 unit laptop Chromebook kepada STIKOSA-AWS (Sekolah Tinggi...

Dahlan Iskan

SAYA terlambat tahu: Ny Ciputra ternyata sudah meninggal dunia. Berarti, hanya tiga tahun setelah sang suami mendahuluinya. Ada satu pelajaran penting bagi gadis-gadis masa...

Malang Raya

Malang Post – Usai memberikan penguatan pada apel pagi bersama para warga binaan pekerja luar SAE Ngajum, Kalapas didampingi Ka.KPLP Lapas Kelas I Malang...

News

Malang Post – PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali mengingatkan masyarakat untuk terus waspada terhadap segala bentuk penipuan dengan modus rekrutmen KAI Pasalnya, akhir-akhir ini...

Malang Raya

Malang post – Senin (17/1), vaksinasi anak sukses digelar di SDN Tasikmadu 2, Jalan Atletik, Kelurahan Tasikmadu, Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Babinsa Tasikmadu, Serka...

Malang Raya

Malang Post – Kapolres Malang AKBP Bagoes Wibisono memberikan penghargaan kepada 57 Anggota Polri dan 1 PHL Polres Malang yang berprestasi dalam Ungkap Kasus...

Wisata

Malang Post –  Menyambut Tahun Baru Imlek 2022, Atria Hotel Malang menyajikan hidangan khusus untuk menyambut momen penuh keberuntungan tersebut. Para tamu dan penghobi...

Malang Raya

Malang Post –  Upaya melacak pemicu kebakaran di Pasar Bululawang, Polsek Bululawang Polres Malang, berencana mendatangkan tim labfor Polda Jatim, Selasa (18/1/2022) siang. “Besok...