Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Malang Flower Carnival 2021, Bangkit di Tengah Pandemi

MFC 2021 tampilkan puluhan karya anak bangsa. (Ocky Novianton)

Malang Post — Pagelaran Malang Flower Carnival (MFC) kembali hadir di tengah pandemi. Puluhan show bunga tampak megah ditampilkan, Minggu (31/10/2021) di Stadion Gajayana Kota Malang. Mengusung tema “Great Garudheya”. Menggambarkan Garuda Perkasa terinspirasi dari Arca Garudhey yang ada di relief Candi Kidal Malang.

Event ini sekaligus sebagai nilai kearifan lokal dan lambang negara Garuda Pancasila, serta untuk merayakan satu dasawarsa (10 tahun) gelaran MFC. Chairman MFC, Agus Sunandar mengatakan, event bunga terbesar di Indonesia ini, sudah 11 kali digelar di Kota Malang. Garudheya merupakan trilogi ketiga kalinya di Kota Malang sejak 2019.

Baca Juga ----------------------------

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang digelar di pelataran kawasan Ijen. MFC kali ini dilangsungkan secara hybrid (virtual dan offline) lantaran masih dalam situasi pandemi Covid-19. Masyarakat bisa menyaksikannya di kanal YouTube channel Malang Flower Carnival.

“Malang Flower Carnival ini yang ke 11 kita laksanakan. Ini trilogi pelaksanaan Garudheya yang ke 3, Pertama di 2019, kemudian di tahun 2020 secara virtual, dan ketiga Great Garudheya. Kami beharap ini bisa mengawali event kreatif di Kota Malang dan mengembangkan pariwisata di Kota Malang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni menyampaikan, acara yang dilangsungkan hybrid ini membatasi jumlah penonton di ruangan hanya 100 orang dan menerapkan aplikasi PeduliLindungi.

Ini salah satu bentuk kebangkitan event-event pariwisata di tengah pandemi. Dalam gelaran event tersebut, terbagi menjadi tiga kategori. Yakni anak-anak, dewasa dan kostum karakter yang diikuti 70 peserta dari berbagai daerah di tanah air ikut terlibat memeriahkan MFC 2021.

“Di penyelenggaraan yang ke 11 ini kita tidak boleh lesu dalam event-event. Sekarang ini harus mulai bangkit dan bersama-sama kita mampu melaksanakan walaupun secara hybrid,” ungkapnya kepada reporter City Guide 911 FM.

Sebagai informasi, Malang Flower Carnival ini telah naik level, dari yang sebelumnya masuk 100 Calender of Event (CoE) Wonderful Indonesia, kini masuk dalam 10 besar Kharisma Event Nusantara (KEN) kategori event berskala internasional.

Apresiasi atas digelarnya MFC 2021 juga disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno secara virtual. Melalui pagelaran ini, mampu menampilkan karya-karya kreatif dari pelaku kreatif khususnya dari Kota Malang.

Diharapkan, hal tersebut mampu semakin meningkatkan dan memperkuat branding pariwisata, dan pelaku seni kreatif berskala Internasional lebih meluas.

“Kami apresiasi dengan kembali terselenggaranya Malang Flower Carnival ke 11 kalinya. Ini bentuk menampilkan kreatifitas para pelaku kreatif di Kota Malang,” terang dia.

Dengan diusungnya tema ‘Great Garudheya’ ini, Sandiaga Uno berharap, event ini mampu memberikan kontribusi di sektor pariwisata tanah air dengan basis budaya lokal yang juga semakin dikenal lebih meluas. 

“Mengusung value tema tersebut, event ini diharapkan memberikan kontribusi besar di sektor pariwisata, yang berbasis pada budaya lokal. Kami sangat mendukung bentuk sinergi jangka panjang ini, khususnya seni kreatif Kota Malang untuk terus melenggang ke kancah Intenasional, memperkuat branding Wonderful Indonesia,” pungkas dia. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post —  Saat Pandemi Covid-19 ini, terdapat tiga peran penting Polri, yaitu Pengawasan, Pencegahan dan Percepatan Vaksinasi. Panic Button On Hand (PBOH) milik...

Malang Raya

Malang Post —  Keberadaan warga lanjut usia (lansia) turut menjadi perhatian Pemkot Malang. Upaya dalam pemenuhan hak-hak hingga fasilitas lansia terus digencarkan guna mewujudkan...

Wisata

Malang Post —  Selalu dikenal dengan misi mengangkat kembali sejarah Indonesia yang terlupakan, Tugu Hotels & Restaurant telah menjadi ikon dunia pariwisata Indonesia di...

Malang Raya

Malang Post – Babinsa Kelurahan Pandanwangi Pelda Slamet dan Serka Suyitno memberangkatkan relawan menuju Semeru. Relawan tersebut berasal dari warga Pandanwangi yang bertugas mengantarkan...

Malang Raya

Malang Post – Lanal Malang menghelat serbuan vaksin di RW 09 Kelurahan Oro Oro Dowo Kecamatan Klojen. Selasa (7/12), tim nakes dari Lanal Malang...

Malang Raya

Malang Post – Selasa 7 Desember 2021, tim vaksinasi di Kota Malang menggelar penyuntikan di kawasan RW 04 Kelurahan Mulyorejo Kecamatan Sukun Kota Malang....

News

Malang Post — Sejumlah penambang pasir berhasil menyelamatkan saat lahar dingin mengaliri sungai dekat Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Ada 1 sopir...

Malang Raya

Malang Post — Beberapa waktu lalu, rencana pembangunan cold storage senilai Rp 16 miliar di Kelurahan Dadaprejo, Kota Batu disoal dewan. Kini pembangunan cold storage...