Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Kemenpan RB Cek Pelayanan Publik Polresta Malang Kota

Malang Post – Kepala Sub Bagian Tata Laksana Pelayanan Publik Setda Provinsi Jatim, Amalia Pramudiansari mendatangi Polresta Malang Kota, Kamis (30/9/2021).

Ia datang sebagai perwakilan Kemenpan RB untuk melakukan evaluasi terhadap berbagai pelayanan publik di Polresta Malang Kota, seperti pelayanan Satpas SIM dan layanan SKCK.

Baca Juga ----------------------------

Dirinya mengatakan, setiap tahunnya Kemenpan RB selalu mengevaluasi pelayanan publik di polres dan polresta se Jawa Timur.

“Ini merupakan upaya pembinaan agar pelayanan publik dapat berjalan dengan baik, cepat, mudah, murah dan berkualitas,” ujarnya kepada reporter City Guide 911 FM.

Dari hasil evaluasi tersebut, dirinya melihat sarana prasarana pelayanan publik Polresta Malang Kota telah memenuhi syarat.

“Sarana prasarana sudah bagus. Mungkin ada beberapa hal rekomendasi, telah kami sampaikan ke Kapolresta untuk dilengkapi. Seperti pamflet publikasi dan akun-akun yang melakukan pengaduan bisa dijawab dengan imbang. Intinya, pelayanan secara online. Namun untuk keseluruhannya, sudah bagus,” tuturnya.

Dirinya juga meminta, agar Polresta Malang Kota melengkapi layanan SKCK dengan fasilitas pembayaran non tunai (cashless).

“Pembayaran di SKCK bisa ditambah dengan cashless, agar meminimalisir  pembayaran dengan uang tunai.Harapannya, masyarakat bisa terlayani dengan cepat, karena memang situasinya pandemi seperti ini. Kalau bisa online, mereka tidak perlu datang kesini,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto mengungkapkan, ada empat poin rekomendasi yang disampaikan oleh Kemenpan RB.

Poin pertama, membuat tempat parkir untuk pengendara sepeda motor penyandang disabilitas. Poin kedua, komplain atau keluhan masyarakat harus segera direspon, dijawab, dan dikomunikasikan.

“Poin ketiga, ada imbauan serta maklumat dan sanksi anggota. Lalu poin keempat, ada tanda-tanda di masing masing ruangan, seperti tanda untuk smoking area. Dan hari ini, rekomendasi tersebut akan kami kerjakan lalu besoknya kami laporkan kembali,” terangnya.

Pria yang akrab disapa BuHer ini juga menjelaskan, untuk mempertahankan predikat WBK dan WBBM, pihaknya telah membuat berbagai inovasi pelayanan publik. Salah satunya, terobosan layanan Whatsapp Simpati Makota.

“Selain itu, kami juga membuat terobosan Sama Ramah Trauma Healing Korban Covid-19. Dan dalam waktu dekat ini, kami juga akan meluncurkan layanan vaksinasi drive thru, bekerjasama dengan Polres Malang dan Polres Batu,” tandasnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post —  Saat Pandemi Covid-19 ini, terdapat tiga peran penting Polri, yaitu Pengawasan, Pencegahan dan Percepatan Vaksinasi. Panic Button On Hand (PBOH) milik...

Malang Raya

Malang Post —  Keberadaan warga lanjut usia (lansia) turut menjadi perhatian Pemkot Malang. Upaya dalam pemenuhan hak-hak hingga fasilitas lansia terus digencarkan guna mewujudkan...

Wisata

Malang Post —  Selalu dikenal dengan misi mengangkat kembali sejarah Indonesia yang terlupakan, Tugu Hotels & Restaurant telah menjadi ikon dunia pariwisata Indonesia di...

Malang Raya

Malang Post – Babinsa Kelurahan Pandanwangi Pelda Slamet dan Serka Suyitno memberangkatkan relawan menuju Semeru. Relawan tersebut berasal dari warga Pandanwangi yang bertugas mengantarkan...

Malang Raya

Malang Post – Lanal Malang menghelat serbuan vaksin di RW 09 Kelurahan Oro Oro Dowo Kecamatan Klojen. Selasa (7/12), tim nakes dari Lanal Malang...

Malang Raya

Malang Post – Selasa 7 Desember 2021, tim vaksinasi di Kota Malang menggelar penyuntikan di kawasan RW 04 Kelurahan Mulyorejo Kecamatan Sukun Kota Malang....

News

Malang Post — Sejumlah penambang pasir berhasil menyelamatkan saat lahar dingin mengaliri sungai dekat Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Ada 1 sopir...

Malang Raya

Malang Post — Beberapa waktu lalu, rencana pembangunan cold storage senilai Rp 16 miliar di Kelurahan Dadaprejo, Kota Batu disoal dewan. Kini pembangunan cold storage...