Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Kemenpan RB Cek Pelayanan Publik Polresta Malang Kota

Malang Post – Kepala Sub Bagian Tata Laksana Pelayanan Publik Setda Provinsi Jatim, Amalia Pramudiansari mendatangi Polresta Malang Kota, Kamis (30/9/2021).

Ia datang sebagai perwakilan Kemenpan RB untuk melakukan evaluasi terhadap berbagai pelayanan publik di Polresta Malang Kota, seperti pelayanan Satpas SIM dan layanan SKCK.

Baca Juga ----------------------------

Dirinya mengatakan, setiap tahunnya Kemenpan RB selalu mengevaluasi pelayanan publik di polres dan polresta se Jawa Timur.

“Ini merupakan upaya pembinaan agar pelayanan publik dapat berjalan dengan baik, cepat, mudah, murah dan berkualitas,” ujarnya kepada reporter City Guide 911 FM.

Dari hasil evaluasi tersebut, dirinya melihat sarana prasarana pelayanan publik Polresta Malang Kota telah memenuhi syarat.

“Sarana prasarana sudah bagus. Mungkin ada beberapa hal rekomendasi, telah kami sampaikan ke Kapolresta untuk dilengkapi. Seperti pamflet publikasi dan akun-akun yang melakukan pengaduan bisa dijawab dengan imbang. Intinya, pelayanan secara online. Namun untuk keseluruhannya, sudah bagus,” tuturnya.

Dirinya juga meminta, agar Polresta Malang Kota melengkapi layanan SKCK dengan fasilitas pembayaran non tunai (cashless).

“Pembayaran di SKCK bisa ditambah dengan cashless, agar meminimalisir  pembayaran dengan uang tunai.Harapannya, masyarakat bisa terlayani dengan cepat, karena memang situasinya pandemi seperti ini. Kalau bisa online, mereka tidak perlu datang kesini,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto mengungkapkan, ada empat poin rekomendasi yang disampaikan oleh Kemenpan RB.

Poin pertama, membuat tempat parkir untuk pengendara sepeda motor penyandang disabilitas. Poin kedua, komplain atau keluhan masyarakat harus segera direspon, dijawab, dan dikomunikasikan.

“Poin ketiga, ada imbauan serta maklumat dan sanksi anggota. Lalu poin keempat, ada tanda-tanda di masing masing ruangan, seperti tanda untuk smoking area. Dan hari ini, rekomendasi tersebut akan kami kerjakan lalu besoknya kami laporkan kembali,” terangnya.

Pria yang akrab disapa BuHer ini juga menjelaskan, untuk mempertahankan predikat WBK dan WBBM, pihaknya telah membuat berbagai inovasi pelayanan publik. Salah satunya, terobosan layanan Whatsapp Simpati Makota.

“Selain itu, kami juga membuat terobosan Sama Ramah Trauma Healing Korban Covid-19. Dan dalam waktu dekat ini, kami juga akan meluncurkan layanan vaksinasi drive thru, bekerjasama dengan Polres Malang dan Polres Batu,” tandasnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya, membuka donasi bagi korban erupsi gunung Semeru. Ketua PWI Malang Raya, Cahyono mengatakan, open donasi...

Malang Raya

Malang Post – Vaksinasi di Kota Malang menyasar warga dari berbagai lapisan umur, mulai dari remaja sampai lansia. Contohnya, vaksinasi di Kelurahan Tanjungrejo oleh...

Olahraga

Malang Post — Kompetisi MS Glow For Men Liga 3 Zona Jatim 2021 sudah masuk fase 16 Besar. Sebanyak 16 klub lolos dari fase 32...

News

Malang Post — Seorang sopir rentalan ditemukan tewas, Minggu (5/12/2021) sore, di hutan Balekambang. Sekitar pukul 18.25 WIB, ambulan Sibat Gedangan tiba di halaman ruang...

headline

Kondisi jembatan Gladak Perak setelah diterjang lahar dingin Semeru. (istimewa) Malang Post —  Malang Post – Terang benderang siang itu mendadak gelap gulita seperti malam....

Pendidikan

Malang Post — Jurusan Ekonomi Pembangunan FE Universitas Negeri Malang menggelar Seminar Nasional bertajuk Inovasi Pembelajaran Digital, Selasa (16/11/2021). Dilakukan daring melalui platform Zoom dan terhubung dengan...

Pendidikan

Malang Post — Tax Center Universitas Negeri Malang (UM) telah menyelenggarakan event Workshop Sosialisasi Perpajakan Pada Guru SMA dan SMK di Kota Malang. Pelaksanaan kali...

Malang Raya

Malang Post – Puluhan mahasiswa Universitas Tribuana Tunggadewi dari Fakultas Administrasi Publik melaksanakan kerja bakti, Minggu (5/12). Mereka kerja bakti bersama Babinsa-Bhabinkamtibmas Tlogomas, di...