Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Kota Batu Capai Herd Immunity

Proses vaksinasi di Kota Batu yang saat ini sudah mencapai herd immunity. (Ananto) 

Malang Post – Kota Batu jadi kota ke-9 di Jatim yang mencapai herd immunity vaksinasi Covid-19. Sebelumnya, delapan daerah di Jatim telah mencapai herd immunity lebih awal.

Delapan daerah itu diantaranya Kota Mojokerto, Surabaya, Kediri, Blitar, Malang, Pasuruan, Madiun dan Kabupaten Jombang. 

Baca Juga ----------------------------

Herd immunity di Kota Batu tercapai setelah vaksinasi dosis pertama mencapai 70,53 persen. Rinciannya; vaksinasi tenaga kesehatan 132 persen, lansia 36 persen, pelayanan publik 453 persen, masyarakat rentan dan umum 55 persen dan remaja 9,30 persen. 

Dengan capaian tersebut, besar kemungkinan pada pengumuman PPKM Berlevel versi Inmendagri 4 Oktober mendatang Kota Batu bisa turun. Asalkan capaian vaksinasi lansia bisa menyentuh angka 40 persen. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, drg Kartika Trisulandari menyatakan. Capaian vaksinasi di Kota Batu secara keseluruhan telah menyentuh angka 70,53 persen. Sedangkan capaian vaksinasi khusus lansia berdasarkan data KPC PEN mencapai 36,17 persen. 

“Ada perbedaan data antara KPC PEN dan data real di lapangan. Data di KPC PEN baru 36,17 persen, sedangkan data real yang kami miliki sudah 40 persen,” beber Kartika, Selasa (28/9/2021). 

Dia mengungkapkan, perbedaan data tersebut bukan hanya menjadi masalah di Kota Batu saja, namun juga di daerah lain.

“Sistem di KPC PEN menarik data dari P-Care (Primary Care). Sedangkan data yang diambil tidak sesuai dengan data real. Sehingga perbedaan data ini menjadi masalah,” keluhnya. 

Seperti di ketahui, saat ini capaian vaksinasi sangat penting bagi setiap daerah. Karena sesuai Inmendagri, suatu daerah bisa turun ke level 2 PPKM, jika capaian vaksinasi umum dosis pertama mencapai 50 persen dan lansia 40 persen.

Bisa turun level 1 jika capaian vaksinasi di suatu daerah dosis pertama mencapai 70 persen dan lansia 60 persen. 

Dengan adanya perbedaan data antara KPC PEN dan data real vaksinasi di Kota Batu, dikhawatirkan dapat menjadi penghambat Kota Batu untuk segera turun level. Lebih lanjut, meski capaian vaksinasi di Kota Batu sudah sesuai standar WHO dalam terciptanya herd immunity.

Dinas Kesehatan Kota Batu tak mau berhenti sampai disitu untuk melakukan vaksinasi. Karena sesuai target dari pemerintah pusat dan provinsi Kota Batu diwajibkan memvaksin 100 persen warganya. Sehingga pihaknya akan terus menggeber vaksinasi baik dosis pertama maupun dosis kedua. “Vaksinasi tetap berlanjut, menyelesaikan dosis pertama dan dosis kedua sesuai target,” tegasnya. 

Sementara itu, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menyampaikan, pihaknya menaruh atensi khusus untuk melakukan percepatan vaksinasi kepada lansia, ke depan pihaknya akan melakukan vaksinasi door to door kepada lansia di Kota Batu. 

“Kami akan melakukan vaksin door to door. Sehingga lansia yang kesulitan bergerak bisa tetap terlayani. Selain lansia kami juga akan melakukan vaksin door to door kepada ODGJ dan penyandang disabilitas, bebernya. 

Lebih lanjut, wanita 58 tahun itu mengungkapkan, rendahnya capaian vaksinasi lansia di Kota Batu dipengaruhi rasa takut lansia ketika ingin ikut vaksinasi. Selain itu juga dipengaruhi karena menderita penyakit komorbid dan tidak ada yang mengantar ke gerai vaksinasi. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Penyebab tewasnya Eko Tri Manto (34) warga RT 3 RW 2, Dusun Keliran, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji yang ditemukan tak bernyawa...

Malang Raya

Malang Post —  Hujan deras Senin (25/10/2021) sore di wilayah Sukun tidak hanya disertai angin kencang. Tapi gemuruh petir dan sambaran kilat. Sekali sambar,...

Malang Raya

Malang Post – Pemerintah Kota Malang, TNI-Polri, SAR Kota Malang, dan instansi terkait mengikuti Apel Gelar Pasukan Antisipasi Bencana Alam. Ini dalam rangka penanggulangan...

Malang Raya

Malang Post –  Warna-warni jembatan Kalilanang di Desa Pandanrejo, Kota Batu mendadak muram pada Senin (25/10/2021). Lantaran di bawah jembatan setinggi 19 meter itu...

Malang Raya

Malang Post –  Walikota Malang, H Sutiaji beserta Istri, Hj Widayati Sutiaji memberikan apresiasi senam Dahlan’s Style. Lantaran Senin (25/10/2021) sehari setelah melakukan senam...

Malang Raya

Malang Post — Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Kabupaten Malang mengajak masyarakat agar kembali ke koperasi dan menjauhi pinjaman online, karena membahayakan, Sedangkan koperasi adalah soko...

Pendidikan

Malang Post — Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), dosen Jurusan Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya memberikan Pelatihan HACCP untuk Ahli Gizi Rumah Sakit dan Katering....

Malang Raya

Malang Post –  Efek Bocil (Bocah Cilik). Kata itu sangat tepat menggambarkan situasi pariwisata di Kota Batu saat ini. Pasalnya setelah turun level Pemberlakuan Pembatasan...