Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

PAUD Mulya Kencana Donomulyo Raih Penghargaan Lembaga Pendidikan Integratif Bupati Malang

Malang Post — Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang, menyabet penghargaan Bupati Malang. Kategori Lembaga Pendidikan Integratif dengan Posyandu dan Keluarga Berencana.

Luluk Sugesti, Kepala PAUD Mulya Kencana, menjelaskan. Posyandu integratif ini, dalam satu lokasi terdapat Posyandu Keluarga Balita, PAUD dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS). Anggotanya adalah perempuan usia subur. Mulai usia menikah hingga 49 tahun. 

Baca Juga ----------------------------

Beberapa prestasi sudah diraih. Antara lain: Juara I Kelompok BKB Mulya Kencana tingkat Kabupaten Malang tahun 2019. Juara III Kelompok UPPKS Anggrek Bulan tingkat Kabupaten Malang tahun 2020. Juara Harapan III tingkat Provinsi Jawa Timur oleh BKKBN.

Menurutnya, PAUD Integratif itu, memerlukan kerjasama dari semua tim. Agar target dari program bisa dicapai sesuai harapan.

“Kendalanya bantuan APE (Alat Permainan Edukatif.red) masih sangat kurang. BOP (Bantuan Operasional Penyelenggaraan.red) juga masih sangat minim. Sehingga kita mengajak wali murid bergotong royong dan peduli. Apalagi insentifnya juga masih minim,” ungkapnya.

Sri Wahyuni, Ketua HIMPAUDI Kecamatan Donomulyo menambahkan. Kendalanya, lembaga di Donomulyo ini, insentifnya jauh dari layak. Mungkin kecamatan lain juga bernasib sama.

“Kelompok belajar di sini ada 18 siswa. Satuan PAUD sejenis (SPS) 10 siswa dan Taman Kanak-Kanak 28. Prinsip kita dalam mengajar adalah sajuta. Artinya sabar, jujur dan ikhlas. Apalagi insentifnya hanya Rp 200.000,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Penyuluh Keluarga Berencana Donomulyo, Dra Mahawati Dwi Marhaeni, menambahkan. Pihaknya senantiasa mendorong pola hidup sehat dari setiap warga. Agar rajin ke posyandu serta memberikan makanan bergizi pada putra-putrinya. Agar menjadi generasi yang sehat dan kuat .

“Kader IMP (Institusi Masyarakat Pedesaan.red) juga berperan aktif menyukseskan program KB di tingkat lapangan, yaitu kelompok KB KS. Kelompok KB KS ini merupakan kelompok peserta KB KS dalam wadah organisasi yang secara sukarela berperan aktif,” urai Mahawati.

“Melaksanakan atau mengelola program KB, melakukan kegiatan di bidang KB. Seperti Posyandu, UPPKS, Kelompok Bina Keluarga Sejahtera (BKS) yaitu Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina keluaga Lansia (BKL), dan lainnya,” imbuhnya.

Di era otonomi daerah, peran kader IMP sangatlah penting. Menjadi satu kekuatan yang dapat diandalkan, untuk mempertahankan keberhasilan program KB di masyarakat. Seiring dengan terus menurunnya jumlah Penyuluh KB yang aktif. Disebabkan pindah, pension atau meninggal dunia. 

“Tanpa kader IMP, program KB di Indonesia dipastikan tidak berjalan lagi. Tidak mampu mempertahankan keberhasilan yang akan dicapai. Kader IMP kita, juga menyabet kader terbaik,” pungkasnya. (*yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Penyebab tewasnya Eko Tri Manto (34) warga RT 3 RW 2, Dusun Keliran, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji yang ditemukan tak bernyawa...

Malang Raya

Malang Post —  Hujan deras Senin (25/10/2021) sore di wilayah Sukun tidak hanya disertai angin kencang. Tapi gemuruh petir dan sambaran kilat. Sekali sambar,...

Malang Raya

Malang Post – Pemerintah Kota Malang, TNI-Polri, SAR Kota Malang, dan instansi terkait mengikuti Apel Gelar Pasukan Antisipasi Bencana Alam. Ini dalam rangka penanggulangan...

Malang Raya

Malang Post –  Warna-warni jembatan Kalilanang di Desa Pandanrejo, Kota Batu mendadak muram pada Senin (25/10/2021). Lantaran di bawah jembatan setinggi 19 meter itu...

Malang Raya

Malang Post –  Walikota Malang, H Sutiaji beserta Istri, Hj Widayati Sutiaji memberikan apresiasi senam Dahlan’s Style. Lantaran Senin (25/10/2021) sehari setelah melakukan senam...

Malang Raya

Malang Post — Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Kabupaten Malang mengajak masyarakat agar kembali ke koperasi dan menjauhi pinjaman online, karena membahayakan, Sedangkan koperasi adalah soko...

Pendidikan

Malang Post — Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), dosen Jurusan Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya memberikan Pelatihan HACCP untuk Ahli Gizi Rumah Sakit dan Katering....

Malang Raya

Malang Post –  Efek Bocil (Bocah Cilik). Kata itu sangat tepat menggambarkan situasi pariwisata di Kota Batu saat ini. Pasalnya setelah turun level Pemberlakuan Pembatasan...